TiNewss.com

Berimbang Mengabarkan

Majukan UMKM Dan BUMDes, Pemkab Akan Bersinergi Dengan PT BGR Dan Pertani

TiNewss.com – Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir menerima kunjungan Direktur Utama PT. Bhanda Ghara Reksa (BGR Logistics) M. Kuncoro Wibowo dan Direktur Utama PT. Pertani (Persero) Maryono beserta jajaran di Gedung Negara, Selasa (20/4/2021).

Dari pertemuan tersebut membahas rencana kerja sama dalam rangka mendorong kemajuan BUMDes dan UMKM di Kabupaten Sumedang.

Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir mengatakan, rencana kerja sama Pemkab Sumedang dengan PT. BGR dan Pertani bertujuan untuk membantu BUMDes dan UMKM di Sumedang dalam penyediaan bahan pangan dan pemasarannya.

PT BGR dan Pertani tidak hanya mensuplai kebutuhan pokok berkualitas dan harga yang kompetitif dengan minimarket tetapi juga siap membeli produk lokal untuk menggerakkan ekonomi desa.

“Bahan pangan dan hasil bumi Sumedang akan diserap oleh Pertani maupun PT. BGR. Tak hanya itu, BUMDes juga akan mendapat bahan-bahan yang murah sehingga masyarakat mendapatkan harga terbaik dan berkualitas,” ucapnya.

Dikatakan Bupati, Sumedang harus bersyukur karena kerja sama tersebut akan membantu berkembangnya BUMDes di Sumedang.

Apabila BUMDes di Sumedang maju, akan berdampak pada pengentasan kemiskinan di tiap desa.

PT. BGR dan Pertani akan membantu dengan memberikan perhatian khusus bagi berkembangnya dan majunya BUMDes di Kabupaten Sumedang. Ini penawaran luar biasa bagi Sumedang. Tentunya amanah ini akan Kami laksanakan dengan sebaik-baiknya,” tuturnya.

Ditempat yang sama Dirut PT. Pertani (Persero) Maryono mengatakan, kehadiran BUMN Pertani tidak hanya sekedar berdagang, tetapi harus ikut hadir untuk mengembangkan pertanian di Sumedang agar semakin maju, berguna dan memberikan sumbangsihnya bagi negara.

“Kami akan hadir di sini untuk membantu, berkerja sama dan bermitra dengan petani dan BUMDes-BUMDes yang ada di Sumedang, diantaranya menyerap gabah dan harganya di atas harga pokok petani,” jelasnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT.  BGR Logistics, M. Kuncoro Wibowo menuturkan, sebagai bagian dari klaster pangan, pihaknya merasa berkewajiban membantu Bumdes, petani, peternak dan nelayan dengan mengantarkan produk-produknya ke warung/UMKM. 

Dalam waktu dekat, pihaknya juga telah sepakat dengan Pemda Sumedang untuk menjadikan Sumedang sebagai pilot project atau percontohan dalam pengembangan BUMDes dan UMKM.

“Pertama kita sepakati dengan Pemda. BUMDesnya kita pegang dulu. Dalam hal ini lima BUMDes dijadikan pilot project. Setelah itu, kita akan beralih ke level UMKM. Sambutan dari bupati cukup baik. Harapan Kami hal ini bisa segera terlaksana,” tutupnya.(Adhi SH)***