Anggota DPRD Sumedang Tinjau Pembangunan Jembatan Gantung di Tanjungkerta Sumedang

- Jumat, 30 September 2022 | 17:53 WIB
Anggota DPRD Sumedang dari Fraksi PDI Perjuangan, Heti Andorina saat meninjau lokasi jembatan gantung di Tanjungkerta (IWO Sumedang)
Anggota DPRD Sumedang dari Fraksi PDI Perjuangan, Heti Andorina saat meninjau lokasi jembatan gantung di Tanjungkerta (IWO Sumedang)

TiNewss.Com - Keberadaan jembatan gantung yang merupakan akses penghubung antara dusun Bojongberod desa Kertaharja Tanjungkerta dengan desa Kamal Tanjungmedar diatas Sungai Cikandung dimana kondisi sebelumnya mengkhawatirkan. Kini, sedang dilakukan pengerjaan secara permanen oleh tim Vertical Rescue Indonesia.

Hal itu disampaikan anggota DPRD Kabupaten Sumedang fraksi PDI Perjuangan, Heti Andorina saat meninjau lokasi jembatan gantung di Tanjungkerta Sumedang Jawa Barat (Jabar), beberapa waktu lalu.

"Sebelumnya, jembatan gantung ini dinilai sudah tidak layak dilintasi kendaraan roda dua mengingat struktur jembatan gantung dari bambu dan kayu yang sudah lapuk.

Baca Juga: Jelang Hari Batik, Pemda Sumedang Gelar Lomba Foto Batik Kasumedangan dan Fashion Show, Ini Persyaratannya!

Jembatan gantung sepanjang 42 meter dengan lebar 1,5 meter ini telah berdiri sejak tahun 2009 yang dibangun secara swadaya masyarakat," ujar Heti.

Selain itu, terang Heti, keberadaan jembatan gantung tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat dari Kecamatan Tanjungkerta maupun Tanjungmedar. Mengingat, sebagian besar jembatan itu digunakan oleh aktifitas para petani dan pedagang keliling.

"Tentu, sebelumnya saya sangat menyesalkan keberadaan jembatan yang kondisinya sudah mengkhawtirkan. Apalagi keberadaan jembatan tersebut belum ada perhatian dari pemerintah," terangnya.

Baca Juga: Putri Candrawathi Ditahan di Rutan Mabes Polri, Ini Alasan Kapolri

Sejak awal berdiri, sambung Heti, jembatan gantung tersebut dibiayai oleh perorangan dan swadaya masyarakat. Bahkan, pada tahun 2021 sempat ada perbaikan yang diinisiasi oleh dirinya. "Ya pada tahun lalu, saya keluarkan dana dari kantong sendiri untuk memperbaiki jembatan gantung ini. Hingga sekarang, pengerjaannya saya kawal hingga selesai nanti," katanya.

Halaman:

Editor: Rauf Nuryama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ada Mayat Ditemukan di Ujungjaya Sumedang, Siapa Dia?

Minggu, 20 Februari 2022 | 09:38 WIB
X