• Selasa, 24 Mei 2022

Yerusalem dalam Al Qur'an, Kunci untuk Memahami Dunia Modern (Bagian ke-5)

- Rabu, 29 Desember 2021 | 06:27 WIB
Maman Supriatman, Penulis Buku Kosmologi Islam. (TiNewss)
Maman Supriatman, Penulis Buku Kosmologi Islam. (TiNewss)

 

“Sungguh telah datang dari Tuhanmu bukti-bukti yang terang; barang siapa yang dapat melihat (dan mengenali Kebenaran itu), maka (manfaatnya) untuk jiwanya sendiri, dan barang siapa yang buta (tidak melihat Kebenaran itu), maka kemudaratannya kembali kepadanya. Dan aku sekali-kali bukanlah pemelihara(mu).” (QS. al-An'am: 104). 

 Penafsiran dan Penjelasan

Penulis buku ini menolak mereka yang memilih tidak menafsirkan apa pun dari Teks Suci, melainkan yang memiliki makna yang langsung dan jelas (Ayat _Muhkamat_). Penulis mengajak mereka yang menolak penafsirannya, agar mereka sendiri mengajukan penjelasan bagaimana Alquran menjelaskan kembalinya umat Yahudi ke Tanah Suci.

Namun jika penulis menafsirkan teks Alquran (pada Ayat _Mutasyabbihat_), penulis selalu melakukannya dengan ketentuan bahwa Allah Maha Tahu (Allahu a'lam).

Menjadi hal yang dianggap ketinggalan pada zaman sekulerisasi pengetahuan saat ini, untuk memilih wahyu yang turun dari Tuhan-nya Ibrahim AS sebagai sumber untuk mencoba menjelaskan peristiwa dunia. 

Baca Juga: Jubir Wiku Adisasmito: Tahun 2021 Masa Sulit Covid-19 dan Tahun 2022 Harapan Terkendali dan Diakhiri

Tetapi hal ini tepat terjadi ketika Negara Israel muncul di dunia modern. Zionis Yahudi Eropa menggunakan Taurat dalam mengemukakan argumen mengenai hak anugerah Tuhan mereka untuk merebut Tanah Suci dan merestorasi Negara Israel, yang didirikan pertama kali oleh Nabi Raja Daud AS. 

Perdana Menteri Euro-Israel yang pertama, David Ben Gurion, menyatakan dengan sangat terus terang: "Al-Kitab adalah dasar perbuatan kami di Tanah Israel”. 

Halaman:

Editor: Asep D Darmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Al Quran dan Perang Besar (Bagian ke 1)

Jumat, 18 Februari 2022 | 22:19 WIB

Problem Utama Umat Islam Saat Ini, Ini Solusinya!

Rabu, 9 Februari 2022 | 07:07 WIB

Sejarah akan Berakhir sebagaimana Sejarah Berawal

Jumat, 4 Februari 2022 | 07:21 WIB
X