• Minggu, 28 November 2021

Tanda-Tanda Besar Kiamat (seri Kosmologi Islam ke-85, Lanjutan)

- Minggu, 31 Mei 2020 | 06:00 WIB
Maman Supriatman (TiNewss)
Maman Supriatman (TiNewss)

 

 

 

 

Demikian pula terdapat di sebagian riwayat bahwa tanda yang pertama adalah ini, sementara yang terakhir adalah ini. Walaupun demikian, sesungguhnya ada perbedaan pendapat di antara para ulama tentang tanda yang pertama kali muncul, dan perdebatan ini sudah ada sejak zaman para Sahabat.

Al-Hafizh Ibnu Hajar rahimahullah menggabungkan antara riwayat yang menjelaskan bahwa keluarnya dajjal adalah yang pertama kali dengan riwayat yang menjelaskan bahwa terbitnya matahari dari barat adalah yang pertama kali. Beliau berkata:

Pendapat yang paling kuat dari keseluruhan riwayat bahwa keluarnya dajjal adalah tanda besar pertama yang mengisyaratkan perubahan keadaan secara umum di muka bumi. Hal itu berakhir dengan wafatnya Nabi ‘Isa Alaihissallam. Sedangkan terbitnya matahari dari arah barat adalah tanda besar pertama yang mengisyaratkan perubahan alam atas (susunan tata surya). Hal itu berakhir dengan datangnya Kiamat, dan keluarnya binatang besar dari perut bumi terjadi pada hari yang sama dengan hari ketika matahari terbit dari barat.

Hikmah dalam hal ini adalah, ketika matahari terbit dari barat, maka pintu taubat ditutup, lalu binatang besar keluar. Binatang besar ini akan membedakan antara seorang mukmin dan kafir, sebagai penyempurna dari tujuan penutupan pintu taubat. Dan tanda pertama yang mengisyaratkan tegaknya Kiamat adalah api yang mengumpulkan manusia.”

Adapun al-Hafizh Ibnu Katsir berpendapat bahwa keluarnya binatang besar yang aneh merupakan tanda Besar Kiamat pertama yang terjadi di muka bumi (alam bawah), karena binatang yang berbicara dengan manusia dan membedakan antara seorang mukmin dan kafir adalah hal yang menyelisihi kebiasaan.

Sementara terbitnya matahari dari barat, hal itu merupakan tanda Kiamat pertama yang terjadi di langit.

Halaman:

Editor: Maman Supriatman

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Surat Al Kahfi dan Fitnah Dajjal

Rabu, 24 November 2021 | 06:58 WIB

Epistemologi Surat Al-Kahfi

Jumat, 19 November 2021 | 06:16 WIB

Kontradiksi Pluralisme Agama

Kamis, 18 November 2021 | 06:04 WIB

Keutamaan Salat Jum'at

Jumat, 18 Juni 2021 | 12:00 WIB
X