• Sabtu, 21 Mei 2022

Panduan Shalat Idul Fitri Di Rumah Di Masa Corona

- Senin, 18 Mei 2020 | 19:50 WIB
Idul Fitri di Masa Corona 2020
Idul Fitri di Masa Corona 2020


Sumedang, TiNewss.com - Umat Islam yang setiap 1 Syawal menyelenggarakan Shalat Berjamaah Idul Fitri baik di lapangan maupun di Masjid, untuk tahun 1441 H, atau lebaran tahun 2020, berbeda. Masa Pandemi Corona atau Covid-19, merubah segala tatanan kehidupan, termasuk tata cara beribadah. Berikut ini Kami akan bedah panduan Shalat Idul Fitri, sesuai dengan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) No 28 tahun 2020.





Dalam panduan terbut, MUI membahas tentang kaifiat dan shalat Idul Fitri saat pandemi. Hal ini, terkait dengan penyebaran virus corona yang sampai dengan saat ini masih cendering meningkat di Indonesia.





Ada 3 kriteria yang ditetapkan MUI dalah penyelenggaraan Shalat Idul Fitri tahun 2020 ini.





Pertama, Shalat Idul Fitri dapat dilakukan secara berjamaah di tanah lapang maupun Masjid, Mushola dan atau tempat lainnya jika Umat Islam di kawaran tersebut berada di kawasan Covid-19 yang terkendali. Dengan sebutan lain, termasuk Zona Hijau. Tanda lokasi ini ditunjukan dengan penurunan angka penyebaran Corona, serta adanya keputusan atau kebijakan dari Pemerintah tentang pelonggaran aktivitas sosial yang memungkinkan orang untuk berkerumun. Hal ini didasarkan kepada pendapat ahli yang kredibel dan amanah.





Kedua, Shalat Idul Fitri yang dilaksanakan secara berjamaah di tanah lapang, Masjid, Mushola maupun tempat laiinya, jika umat Islam berada di kawasan yang terkendali atau kawasan bebas corona. Di kawasan ini, diyakini tidak terdapat penularan Corona. Lingkungan pedesaan atau perumahan sebagai contohnya, dan harus homogen. Tidak ada yang terkeda Corona atau Covid-19 serta tidak ada keluar dan masuk orang ke kawasan tersebut.

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Al Quran dan Perang Besar (Bagian ke 1)

Jumat, 18 Februari 2022 | 22:19 WIB

Problem Utama Umat Islam Saat Ini, Ini Solusinya!

Rabu, 9 Februari 2022 | 07:07 WIB

Sejarah akan Berakhir sebagaimana Sejarah Berawal

Jumat, 4 Februari 2022 | 07:21 WIB
X