TiNewss.com

Berimbang Mengabarkan

Komisi I DPRD, Dorong Pilkades Cerdas Bekualitas

Sumedang, TiNewss.com – Komisi I DPRD Kabupaten Sumedang mendorong agar Pemerintah Daerah khususnya Pemerintah Kecamatan dan Desa, untuk melakukan langkah-langkah supaya mendidik pemilih menjadi pemilih yang cerdas. Pemilih yang cerdas akan menjadikan pemilu pemilu yang berkualitas. Pemilu yang berkualitas akan menghasilkan pemimpin yang berintegritas, pemimpin yang nyaah ke masyarakat.

Demikian di sampaikan Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sumedang, Asep Kurnia saat melakukan pengawasan ke Desa Cijeler, Kecamatan Situraja dalam rangka persiapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak, Kamis (5/3//2020).

Lebih lanjut, Akur, demikian biasa dipanggil, Pilkades adalah memilih pemimpin di desa. Memilih tokoh yang menjadi panutan desa. Menjadi pemimpin yang akan membawa desanya lebih maju. Oleh karena itu semua pihak, Panitia Pilkades, Calon, Pemerintah Desa, Pemerintah Kecamatan, untuk memberi kepastian bahwa penyelenggaraan Pilkades ini harus dilandasi dengan kesadaran warga masyarakat untuk memilih pemimpinnya dengan ikhlas.

“Dengan benar-benar memilih bibit bebet bobot nya, jadi memilih pemimpinnya, jangan hanya pertimbangan materi, uang, tapi benar-benar yang kualitas pemimpinnya, karena ini akan membawa kemajuan bagi desanya,” ungkapnya

Akur juga menambahkan, Pemerintah harus memberikan pengetahuan kepada warga terkait pemilihan kepala desa. Ia juga mengatakan bisa saja, timses calon kepala desa, menjadi pemicu keributan jika tidak adanya pengetahuan terhadap peraturan yang ada.

Sementara itu, Ketua Panitia Pilkades Cijeler Ujang Sulaeman menuturkan, sejauh ini pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan. Mulai dari tahapan-tahapan pilkades sampai sosialisasi aturan pilkades ke masyarakat.

Insya Allah panitia sudah siap. Setiap tahapan selalu ada berita acaranya komplit dengan tanda tangannya. Kami juga selalu menasehati kepada para calon untuk menjaga silaturahmi,” tuturnya.

Menurutnya, sampai saat pihaknya sudah menyelesaikan tahapan penetapan daftar pemilih sementara (DPS).

“Sekarang baru tahapan DPS, kemarin sudah terdaftar 2.553 DPS. Sesaui dengan jadwal, daftar pemilih tetap (DPT) akan dtetapkan 27 Maret mendatang. Kami juga sudah sosialisasi kepada masyarakat di 7 titik,” ungkapnya.

Kehadiran Komisi I ke desa tersebut, menurut Ujang adalah sebuah kehormatan. Dari kegiatan tersebut, Ujang mengaku mendapatkan berbagai pelajaran.

“Suatu kehormatan bagi kedatangan bapak-bapak dewan. Banyak sekali manfaatnya ketika ada permasalahan di sini ditanggapi, mendapat ilmu tentang berbagai aturan, termasuk bagi calon harus bagaimana saat sudah menang nanti,” ungkapnya. (Rauf Nuryama)***

Terima Kasih Untuk Berbagi Informasi, Silakan Klik Tombol di Bawah !
  • 25
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    25
    Shares