TiNewss.com

Berimbang Mengabarkan

Kemendikbud Salurkan Bantuan Subsidi Upah Bagi NON-PNS

TiNewss.com – Sebanyak 2 juta guru honorer dan tenaga kependidikan mendapatkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) bagi non PNS sebesar Rp 1,8 juta. Bantuan tersebut akan disalurkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (MENDIKBUD) Republik Indonesia.

Demikian disampaikan oleh Menteri Nadiem Makariem, pada Rapat Kerja dengan komisi X DPR RI dan Kemenkeu, Senin (16/11/2020)

“Bantuan subsidi upah bagi para guru honorer dan tenaga kependidikan yang non PNS sebesar Rp1,8 juta akan diberikan 1 kali yang akan disasarkan sebayak 2 juta guru honorer Seluruh Indonesia dengan total anggaran yang dikeluarkan sebesar Rp. 3,6 Triliun,” jelas Nadiem.

Sasaran tenaga kependidikan honorer meliputi guru, dosen, tenaga perpustakaan, tenaga laboratorium, Pendidik PAUD, guru yang diberikan tugas sebagai Kepala Sekolah, Tenaga Pendidikan Kesetaraan sampai tenaga administrasi, baik negeri maupun swasta yang disalurkan secara bertahap.

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk menerima bantuan subsidi upah bagi honorer antara lain di kutip dari Website KEMENDIKBUD.

Guru honorer merupakan warga negara Indonesia (WNI), Guru honorer tidak menerima bantuan subsidi upah dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker). Berstatus bukan Pegawai Negeri sipil (PNS) dan tidak menerima salah satu bantuan Kartu Prakerja. Serta Penghasilan di bawah Rp 5 juta per bulan.

Hal tersebut untuk menjamin agar bantuan yang disalurkan tidak tumpang tindih atau menumpuknya bantuan bagi penerima yang menerima berbagai Bantuan subsidi Pemerintah dan tepat sasaran.

Berikut cara melihat atau mengecek untuk mendapatkan Bantuan Subsidi Gaji Guru Honorer.

  1. Masuk laman https://info.gtk.kemdikbud.go.id/ Atau https://pddikti.kemdikbud.go.id
  2. Perbaiki kesalahan dapodik masing-masing Sekolah
  3. Buka Info GTK, gunakan akun PTK yang terverifikasi.
  4. Pastikan email aktif
  5. Setelah masuk di laman https://info.gtk.kemdikbud.go.id/ Atau https://pddikti.kemdikbud.go.id  status pencairan.

Apabila tertera nama bank penyalur, maka akan dinyatakan lolos mendapatkan Gaji GTK Non PNS, dan Apabila tidak terdapat nama bank penyalur, kemungkinan besar masih dalam tahap verifikasi, olehkarena itu lakukan pengecekan secara berulang dan update informasi dapodik sekolah masing-masing. (Andi Antoni)***

Terima Kasih Untuk Berbagi Informasi, Silakan Klik Tombol di Bawah !
  • 34
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    34
    Shares