TiNewss.com

Berimbang Mengabarkan

Kades Cimara: SDGs Jadi Acuan Pengambilan Keputusan dan Arah Kebijakan Pelayanan Desa

TiNewss.com – Pemeritah Desa Cimara, Kecamatan Cisarua Kabupaten Sumedang menggelar acara musyawarah Desa di aula Desa, Kamis (3/6/2021)

Dalam Musyawarah Desa kali ini, Pemerintah Desa Cimara di bawah pimpinan Dede Karya disertai Pendamping dari Kecamatan Cisarua membahas perihal penetapan data SDGs.

“Kebetulan hari ini pemerintah Desa Cimara mengadakan musdes dengan pendamping desa termasuk pendamping kecamatan untuk penetapan pendataan SDGs” ujar Dede kepada Jurnalis TiNewss.

Menurutnya, dari hasil pendataan SDGs ini pemerintah Desa Cimara dapat menentukan arah dan kebijakan apa yang menjadi kebutuhan untuk kemajuan desa.

“Data ini sangat dibutuhkan untuk desa sebagai acuan termasuk referensi arah pembangunan karena data ini sangat kompleks sekali terkait situasi di masyarakat mulai dari identitas sampai degan pekerjaan” tambah Dede.

Selain itu, hasil dari pendataan SDGs ini Pemerintah Desa Cimara dapat mengambil potret yang sebenarnya terkait pembangunan fisik dan non fisik.

Namun disisi lain Dede Karya mengatakan, adapun dalam pendataan SDGs ini tidak semudah apa yang di bayangkan. Banyak tantangan, rintangan dan kesulitan-kesulitan.

“Masyarakat banyak yang berpikir terutama dalam hal yang sensitif terkait mata pencaharian sekaligus pendapatan,” tambahnya.

Tapi dibalik itu, lanjut Dede, pemerintah Desa Cimara mencoba mensiasati melalui berdialog dengan masyarakat sehingga data yang di hasilkan oleh relawan SDGs betul-betul akurat, real dan sesuai dengan potret di lapangan. (LutfiSS)***