• Selasa, 16 Agustus 2022

Resah PMK, Butuh Peran Negara dalam Menjamin Kesehatan Hewan

- Selasa, 24 Mei 2022 | 18:59 WIB
Pemeriksaan terhadap hewan ternak untuk mencegah PMK. (Dok. Pemkot Cirebon)
Pemeriksaan terhadap hewan ternak untuk mencegah PMK. (Dok. Pemkot Cirebon)

TiNewss.Com - Penyakit tidak hanya menyerang kepada manusia saja hewan pun tak luput dari hal tersebut seperti akhir-akhir ini yang membuat resah masyarakat terutama para petani hewan ternak. Pasalnya ditemukan PMK (penyakit mulut dan kaki) yang menyerang hewan sapi dan domba.

Akibat temuan penyakit tersebut, pemerintah baik pusat maupun daerah mengklaim bahwa telah merespon cepat. Seperti yang tampak dilakukan oleh Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jawa Barat membentuk unit respons cepat untuk mencegah penularan penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak.

Polda Jabar pun ikut turun tangan mengatasi PMK ini dengan melakukan pengecekan seperti halnya disampaikan oleh Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo "Tanggung jawabnya memang melakukan pengecekan dan koordinasi terkait kegiatan pengawasan itu," di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Jumat (detik.com 13/5/2022).

Sontak dari kasus PMK tersebut membuat para petani turun omset penjualannya, bahkan pedagang-pedagang makanan yang menggunakan bahan dasar daging sapi pun kena imbasnya. Masyarakat merasa takut jika mengkonsumsi daging yang terduga PMK. Kasus PMK ini bahkan semakin merebak disaat masyarakat muslim akan merayakan Iduladha yang mana perintah syariat untuk menyembelih hewan qurban seperti sapi dan domba.

Saat seperti ini masyarakat pun menunggu solusi atas permasalahan tersebut dari aparat pemerintah prihal jaminan kesehatan hewan ini. Jika hewan ternak banyak yang sakit, peternak otomatis merugi. Disini abainya peran negara dalam menjamin kesehatan hewan ternak sekaligus perekonomian rakyat khususnya para peternak. 

Tentu kita berharap PMK ini tidak dijadikan alasan untuk mengeluarkan kebijakan ekspor oleh negara sehingga menjadi peluang para korporasi yang bermodal besar untuk mendapatkan pundi-pundi materi.

Dalam sistem saat ini yaitu sistem kapitalisme jaminan kesehatan untuk hewan saja sudah tidak terjamin padahal kesehatan hewan itu penting. Selain untuk keberlangsungan kehidupan hewan juga secara ekonomi akan berdampak juga bagi kesehatan manusia terutama perekenomian para peternak.

Disinilah pentingnya peran negara untuk terlibat mencarikan solusi yang tidak merugikan rakyat. Karena dalam Islam negara punya tanggungjawab atas kepengurusan semua rakyatnya termasuk bagaimana menyelesaikan kasus PMK ini. Seperti yang disampaikan oleh Rasulullah.

"Imam (Khalifah) adalah raa’in (pengurus rakyat) dan ia bertanggung jawab atas pengurusan rakyatnya.” (HR al-Bukhari)

Halaman:

Editor: Rauf Nuryama

Tags

Terkini

Hati-Hati Liburan, Selain Hujan ada Juga Angin Kencang

Sabtu, 26 Februari 2022 | 16:56 WIB

Bentuk dan Arti Marka Jalan Yang Penting Kamu Ketahui!

Sabtu, 26 Februari 2022 | 15:49 WIB

5 Tahapan: Cara membuat Kontak WA Jadi Prioritas

Rabu, 12 Januari 2022 | 13:30 WIB

Menimbang Urgensitas Pembangunan Jalur Kereta Api

Kamis, 7 Oktober 2021 | 07:53 WIB

Negara Berperan dalam Menjaga Keutuhan Keluarga

Senin, 6 September 2021 | 16:00 WIB

Pernikahan Publik Figur Islami

Kamis, 19 Agustus 2021 | 17:47 WIB
X