Khusus Bagi Yang Belum Tahu: Jalan Tol Bukanlah Jalan Bebas Hambatan

- Selasa, 25 Januari 2022 | 12:13 WIB
Tampak Papan Nama Gerbang Tol Rancakalong, yang berdomisili di Desa Ciptasari Kecamatan Pamulihan Kebupaten Sumedang. Rancakalong sendiri adalah nama Kecamatan yang bersinggungan dengan Tol Cisumdawu (PUPR)
Tampak Papan Nama Gerbang Tol Rancakalong, yang berdomisili di Desa Ciptasari Kecamatan Pamulihan Kebupaten Sumedang. Rancakalong sendiri adalah nama Kecamatan yang bersinggungan dengan Tol Cisumdawu (PUPR)

TiNewss.com - Masyarakat di Sumedang setidaknya turut bergembira ketika Jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi Sumedang Dawuan) sudah bisa dipergunakan.

Kebahagiaan karena untuk pertama kalinya WIlayah Kabupaten Sumedang di lewati jalan Tol, dengan harapan akan tumbuh perekonomian baru yang lebih maju.

Namun sekaitan dengan jalan tol, masih banyak warga yang menyebutkan jalan bebas hambatan. Ini sebuah kekeliruan yang patut diperbaiki di masa yang akan datang.

Dikutip dari otomotifnet.com, jalan bebas hambatan di eropa dan Rusia diberi nama Freeway atau Expressway, yang bisa di akses tanpa dikenakan biaya.

Sedangkan Jalan Tol di Indonesia, dikenakan biaya. Sehingga penyebutan Jalan Bebas Hambatan, menjadi sesuatu yang aneh atau tidak sejalan dengan kenyataan sebenarnya.

Lalu apa yang dimaksud dengan Jalan Tol?

Dilansir dari Gramediaacademi.com ternyata istilah Tol (Indonesia) merupakan terjemahan dari kata toll (bahasa asing) yang artinya biaya. Dalam Bahasa Inggris, Toll juga diartiken sebagai korban.

Namun jika digandengkan dengan kata Road, Toll Road berarti Jalan Tol dimana disebutkan sebagai a road that drivers must pay o use atau jalan yang harus dibayar oleh pengemudi untuk digunakan.

Karena serapan ini, sehingga istilah Tol di Indonesia merupakan kepanjangan dari Tax on Location (ToL), istilah sunda mah kirata yang memiliki maksa sama dengan istilah asing tadi. rada mirip cod ya? bayar di tempat. hehehe

Halaman:

Editor: Rauf Nuryama

Tags

Terkini

Lemahnya Tanggung Jawab Negara Terhadap Korban Gempa

Sabtu, 14 Januari 2023 | 08:07 WIB

Menilik Makna Penamaan Masjid Al-Jabbar

Kamis, 5 Januari 2023 | 14:10 WIB

PPKM Dicabut, Subvarian Baru Masuk!

Kamis, 5 Januari 2023 | 13:51 WIB

Islam Menciptakan Kerukunan Beragama Yes, Pluralisme No!

Selasa, 27 Desember 2022 | 17:09 WIB

Pesta Mewah disaat Rakyat Susah, benarkah Amanah?

Minggu, 18 Desember 2022 | 13:05 WIB

Benarkah ada Risalah Kebangkitan di Piala Dunia?

Rabu, 14 Desember 2022 | 10:44 WIB

Geng Motor vs Zaid bin Tsabit

Senin, 28 November 2022 | 10:59 WIB

Hati-Hati Liburan, Selain Hujan ada Juga Angin Kencang

Sabtu, 26 Februari 2022 | 16:56 WIB

Bentuk dan Arti Marka Jalan Yang Penting Kamu Ketahui!

Sabtu, 26 Februari 2022 | 15:49 WIB
X