• Selasa, 24 Mei 2022

Ketua Pergunu Jabar: Penting Penggunaan Teknologi Digital Dalam Pembelajaran

- Senin, 24 Januari 2022 | 11:49 WIB
Ketua Pimpinan Wilayah Persatuan Guru Nahdlatul Ulama' (PW Pergunu) Jawa Barat Dr. H. Saepuloh (Jurnalismewarga/AyiAbdulKohar)
Ketua Pimpinan Wilayah Persatuan Guru Nahdlatul Ulama' (PW Pergunu) Jawa Barat Dr. H. Saepuloh (Jurnalismewarga/AyiAbdulKohar)

Jurnalismewarga (TiNewss.com) - Salah satu potensi yang harus dikembangkan menurut tujuan pendidikan nasional adalah kecakapan berpikir tingkat tinggi yang diantaranya dikenal sebagai empat keterampilan abad 21 yang terdiri dari: 4 C yaitu critical thinking (berpikir kritis) dan problem solving, creative thinking (berpikir kreatif) dan inovatif, communicating (berkomunikasi), serta collaborating (berkolaborasi) serta 1 L yaitu Literasi.

Demikian disampaikan Ketua Pimpinan Wilayah Persatuan Guru Nahdlatul Ulama' (PW Pergunu) Jawa Barat Dr. H. Saepuloh.

Hal tersebut disampaikan pada pembukaan kegiatan Diseminasi Media Digital Pembelajaran Sains program kemitraan PPPPTK IPA Kemendikbud bersama Pimpinan Wilayah Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PW Pergunu) Jawa Barat bekerjasama dengan KKG kecamatan Paseh kabupaten Sumedang.

Baca Juga: 5 Tahapan: Cara membuat Kontak WA Jadi Prioritas

Kegiatan tersebut diikuti oleh Kepala Sekolah dan Guru SD se-Kecamatan Paseh, di SDN Sukamulya kecamatan Paseh Sumedang, Senin, 24/01/2022.

Saepuloh menambahkan bahwa salah satu kompetensi yang harus dikuasai oleh pendidik adalah kemampuan menggunakan media pembelajaran.

"Salah satu kompetensi yang harus dikuasai oleh pendidik adalah kemampuan menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh". Jelasnya.

Baca Juga: Ini Penampakan Pondok Pesantren Al Hikamussalafiyyah Pasca Kebakaran 2019 Lalu

Penguasaan pendidik tentang penggunaan media pembelajaran tentu akan sangat berpengaruh terhadap pencapaian tujuan pembelajaran tersebut, mengingat teknologi digital dalam proses pembelajaran berperan sebagai media pembelajaran dan sumber belajar.

Halaman:

Editor: Rauf Nuryama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hati-Hati Liburan, Selain Hujan ada Juga Angin Kencang

Sabtu, 26 Februari 2022 | 16:56 WIB

Bentuk dan Arti Marka Jalan Yang Penting Kamu Ketahui!

Sabtu, 26 Februari 2022 | 15:49 WIB

5 Tahapan: Cara membuat Kontak WA Jadi Prioritas

Rabu, 12 Januari 2022 | 13:30 WIB

Menimbang Urgensitas Pembangunan Jalur Kereta Api

Kamis, 7 Oktober 2021 | 07:53 WIB

Negara Berperan dalam Menjaga Keutuhan Keluarga

Senin, 6 September 2021 | 16:00 WIB

Pernikahan Publik Figur Islami

Kamis, 19 Agustus 2021 | 17:47 WIB
X