• Jumat, 22 Oktober 2021

Menimbang Urgensitas Pembangunan Jalur Kereta Api

- Kamis, 7 Oktober 2021 | 07:53 WIB
Ilustrasi : Rel Kereta Api di Jawa Barat Selatan (Instagram/Susi Susanti)
Ilustrasi : Rel Kereta Api di Jawa Barat Selatan (Instagram/Susi Susanti)

Pembangunan di Jawa Barat selatan bisa jadi akan semakin berkembang, seiring dengan berbagai upaya pembukaan akses transportasi dari dan menuju Jawa Barat selatan.

Diantaranya adalah upaya pembukaan jalur kereta api, mengingat potensi pariwisata di pantai selatan sangat besar namun belum ditunjang infrastruktur kereta api.

Sebagaimana dilansir jabarprov.go.id., Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil mengatakan: "Harapan saya agenda terdekat adalah mencoba jalur Bandung-Garut supaya menyemangati pariwisata. Kedua aktivasi jalur Belanda yang lama. Ketiga saya punya mimpi jalur baru sepanjang Jabar selatan. Itu menghidupkan peradaban baru di selatan Jawa Barat yang sekarang sepi karena enggak ada infrastrukturnya," jelasnya. (24/9/2021)

 

Baca Juga: Negara Berperan dalam Menjaga Keutuhan Keluarga

 

Masyarakat tentunya berharap, dengan upaya pengadaan transportasi kereta api dapat memberikan manfaat bagi mereka, sehingga aktivitas kehidupan bisa berjalan lebih dinamis dan lebih mudah.

Namun jika ternyata paradigma kapitalistik yang digunakan, yang terjadi malah hanya akan menguntungkan segelintir pihak, khususnya mereka kalangan kaya dan pemodal besar. Prinsip untung rugilah akhirnya yang digunakan. Adapun rakyat kebanyakan seolah berjuang sendiri berjibaku sekedar memenuhi kebutuhan fisiologi mereka.

Pernah saya berbincang dengan seorang kakek pedagang tape singkong berusia tujuh puluh tahunan. Ia tinggal di daerah Cicalengka Jawa Barat, berjualan di kawasan Bandung Utara. Biasanya, dengan menggunakan kereta api, perjalanan lebih cepat dan murah. Namun setelah ada peraturan larangan menggunakan kereta api untuk pedagang, kakek ini berkisah, harus menggunakan mobil angkutan kota. Perjalanan menjadi lebih lama dan ongkos yang dikeluarkan lebih berlipat.

Halaman:

Editor: Rauf Nuryama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menimbang Urgensitas Pembangunan Jalur Kereta Api

Kamis, 7 Oktober 2021 | 07:53 WIB

Negara Berperan dalam Menjaga Keutuhan Keluarga

Senin, 6 September 2021 | 16:00 WIB

Pernikahan Publik Figur Islami

Kamis, 19 Agustus 2021 | 17:47 WIB

Sumedang dalam Inmendagri No 27 Tahun 2021

Rabu, 4 Agustus 2021 | 10:28 WIB

Keagungan Sistem Islam Memuliakan Anak Yatim

Selasa, 3 Agustus 2021 | 18:20 WIB

Begini Cara Pelaku Wisata Sumedang Lakukan Protes

Selasa, 3 Agustus 2021 | 17:51 WIB

Mural Art Gatotkaca, Jadi Inspirasi di Masa PPKM

Kamis, 29 Juli 2021 | 15:30 WIB
X