• Kamis, 18 Agustus 2022

Lunturnya Kepercayaan Publik Kepada Lembaga Legislatif

- Rabu, 5 Februari 2020 | 20:09 WIB
parlrmrn
parlrmrn

DPRD sebagai salah sartu lembaga yang memiliki integritas untuk memutuskan dan menghasilkan kebijakan publik hendaknya secara sungguh–sungguh memperhatikan aspirasi masyarakat, sebelum mengambil atau memutuskan suatu kebijakan, dengan demikian kebijakan publik yang dihasilkan dapat diterima oleh masyarakat banyak. Kebijakan publik yang terbaik adalah kebijakan yang mendorong setiap warga masyarakat untuk membangun daya saingnya masing-masing, dan bukan semakin menjerumuskan kedalam pola ketergantungan (Nugroho, 2014: 183).

Negara akan menjadi kuat apabila kebijakan publiknya tidak rapuh, seperti kita ketahui bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia terdiri dari daerah-daerah otonom, oleh karena itu kebijakan publik yang dihasilkan DPRD haruslah kebijakan yang tidak mudah rapuh (kuat), sehingga menjadi penyangga bagi kebijakan negara, dengan demikian diperlukan kinerja DPRD yang berkualitas.

Ada beberapa opini yang menyebabkan masyarakat tidak percaya ke lembaga legislatif, yaitu :


(1)Lembaga legislatif gagal memenuhi ekspetasi publik ;


(2) Sebagai institusi yang memiliki mandat mewakili kepentingan warga ,justru lembaga legislatif sering dinilai lebih memikirkan kepentingan para anggotanya dibandingkan memikirkan kepentingan warga yang diwakilinya ; dan


(3) Ketidakpuasan publik terhadap lembaga legislatif cenderung sangat tinggi.karena anggota lembaga legislatif dipilih melalui sebuah Pemilu yang relatif demokratis tetapi berdasarkan money politic dan menghabiskan biaya yang sangat besar ternyata tidak memperoleh kepercayaan dari warga dan pemangku kepentingan lainnya.

Opini tersebut sesuai dengan pendapat Hanta Yudha Analis “Politic The Indonesian Institute” (www. kompas.com, 2 September 2014) yang menyatakan bahwa :


(1) Merosotnya citra lembaga legislatif merupakan potret kegagalan parpol;


(2)Rendahnya kualitas dan produktivitas lembaga legislatif merupakan tanggungjawab partai sebab semua anggota lembaga legislatif diseleksi melalui mekanisme partai;

Halaman:

Editor: corneliusaustral

Tags

Terkini

Hati-Hati Liburan, Selain Hujan ada Juga Angin Kencang

Sabtu, 26 Februari 2022 | 16:56 WIB

Bentuk dan Arti Marka Jalan Yang Penting Kamu Ketahui!

Sabtu, 26 Februari 2022 | 15:49 WIB

5 Tahapan: Cara membuat Kontak WA Jadi Prioritas

Rabu, 12 Januari 2022 | 13:30 WIB

Menimbang Urgensitas Pembangunan Jalur Kereta Api

Kamis, 7 Oktober 2021 | 07:53 WIB

Negara Berperan dalam Menjaga Keutuhan Keluarga

Senin, 6 September 2021 | 16:00 WIB

Pernikahan Publik Figur Islami

Kamis, 19 Agustus 2021 | 17:47 WIB
X