• Sabtu, 2 Juli 2022

Ridwan Kamil Resmikan Jalan Pasupati Menjadi Jalan Prof. Mochtar Kusumaatmadja

- Kamis, 3 Maret 2022 | 06:05 WIB
Jalan Pasupati di Kota Bandung berganti nama menjadi Jalan Prof. Mochtar Kusumaatmadja. (Foto:instagram @ataliapt)
Jalan Pasupati di Kota Bandung berganti nama menjadi Jalan Prof. Mochtar Kusumaatmadja. (Foto:instagram @ataliapt)

TiNewss.com--Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan pergantian nama jalan Pasupati (Pasteur-Surapati) di Kota Bandung menjadi jalan Prof. Mochtar Kusumaatmadja, 1 Maret 2022.

Penggantian nama jalan ditetapkan pada tanggal 1 Maret, menurut Emil --sapaan untuk Ridwan Kamil-- karena tanggal tersebut merupakan Hari Penegakan Kedaulatan Negara.

"Tanggal 1 Maret adalah Hari Penegakan Kedaulatan Negara," jelas Ridwan Kamil.

Baca Juga: Presidein Zelensky Mengimbau Orang Yahudi Untuk Bantu Selamatkan Tempat Suci Umat yahudi di Kiev, Babi Yar

Sementara itu, penggantian nama jalan Pasupati dengan jalan Prof. Mochtar Kusumaatmadja bukan karena beliau dosen Universitas Padjadjaran semata, melainkan karena jasa beliau bagi bangsa Indonesia.

Menurut Emil, Prof. Mochtar Kusumaatmadja merupakan tokoh yang berjasa dengan konsep Wawasan Nusantara. Gagasan tersebut beliau sampaikan ke Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) secara resmi, legal dan konstitusional pada tahun 1982.

Kang Emil juga menjelaskan bahwa atas perjuangan Prof. Mochtar di PBB, maka PBB menyetujui konsep Wawasan Nusantara tersebut.Dan dengan disetujuinya konsep Wawasan Nusantara oleh PBB, luas wilayah Indonesia menjadi bertambah 2,5 kali lebih luas dari luas wilayah sebelumnya.

Baca Juga: Menaker: JHT Cair Sesuai Aturan Lama, Tidak Perlu Menunggu 56 Tahun

"Ini merupakan poin penting dari semua point yang paling penting. Karena luas wilayah Indonesia pada zaman Belanda, perhitungannya hanya 3 mil dari pantai," ujar Kang Emil.

Halaman:

Editor: Asep D Darmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X