• Selasa, 24 Mei 2022

Inilah Keterangan Resmi Majelis Adat Sunda Usai Laporkan Arteria Dahlan Ke Polda Jabar

- Kamis, 20 Januari 2022 | 15:00 WIB
Majelis Adat Sunda  malaporkan Arteria Dahlan ke Polda Jabar (Foto/humas polda jabar)
Majelis Adat Sunda malaporkan Arteria Dahlan ke Polda Jabar (Foto/humas polda jabar)

TiNewss.com – Setelah melaporkan Arteria Dahlan secara resmi ke Polda Jabar, Majelis Adat Sunda menjelaskan perihal laporannya ke awak media yang sudah menanti sejak pagi.

Penjenlasan disampaikan Pupuhu Agung Dewan Karatuan Majelis Adat Sunda Ari Mulia Subagja Husein didampingi perwakilan adat Minangkabau dan sejumlah komunitas Adat Kasundaan.

Menurut Agung, berdasarkan pertimbangan mereka, pernyataan Arteria Dahlan beberapa hari lalu soal kajati yang berbicara bahasa Sunda dalam rapat dan diminta diberhentikan Kejaksaan Agung, telah  menyinggung dan melukai masyarakat Sunda.

Baca Juga: Polisi Amankan Guru Ngaji Cabul di Bogor yang Diduga Lecehkan 5 Muridnya

"Pernyataan anggota DPR yang kemudian viral di YouTube dan media sosial lainnya itu, menyakiti perasaan orang Sunda. Bahkan saudara kita dari daerah lain pun tersinggung,” kata Ari.

Menurut Ari, berdasarkan pertimbangan mereka, pernyataan Arteria yang rasis dan berbau SARA itu telah melanggar undang-undang (UU) terkait penggunaan bahasa daerah.

Selain itu, Arteria juga dinilai sudah melakukan pelanggaran konstitus karena tidak sejalan dengan  Pasal 32 ayat 2 UUD 1945, soal memelihara bahasa daerah.

Baca Juga: Sidak Minyak Goreng di Minimarket Tanjungsari, Ini Penjelasan Diskop ukmpp Sumedang

“Inilah  yang menjadi dasar kami melaporkan Arteria Dahlan ke Polda Jabar," tegas Ari.

Halaman:

Editor: Aam Permana S

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X