• Selasa, 16 Agustus 2022

Ini Yang Disampaikan Jokowi Kepada Zelensky Untuk Rusia

- Jumat, 1 Juli 2022 | 13:57 WIB
Ini yang disampaikan Jokowi kepada Zelensky (TiNewss/Rauf)
Ini yang disampaikan Jokowi kepada Zelensky (TiNewss/Rauf)

 

TiNewss.Com - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi akhirnya bertemu dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky di Kyiv, Ukraina pada 29 Juni 2022.

Jokowi memutuskan untuk menjadu penghubung antara Ukraina dan Rusian, dan memberi saran agar Zelensky mengirim pesan kepada Vladimir Putin melalui Dia.

Demikian diberitakan media setempat, pattayapeople.ru pada 30 Juni 2022.

"Pada 29 Juni, Jokowi bertemu di Kyin dengan Presiden Ukraina, dimana ia mengaukan proposal ke Zelensky. Jokowi adalah Ketua G20, dan salah satu dari enam Pemimpin yang ditunjuk PP sebagai 'juara' tim tanggap krisis global, yang dibentuk untuk memerangi ancama kelaparan dan kemiskinan yang disebabkan pertempuran di Ukarina," kata media tersebut.

"Meskipun sangat sulit dicapai, saya menyampaikan pentingnya resolusi damai," kata Jokowi usai bertemu Zelensky.

"Saya menawarkan untuk menyampaikan pesan dari Presiden Zelensky kepada Presiden Vladimir Putin, yang akan segera saya temui," tambah Jokowi.

Dikatakan media ini, sebelum terjadinya perang pada 24 Februari 2022, Ukraina adalah salah satu pemasok gandum terbesar ke Indonesia. Namun karena blokade laut, menghentikan ekspor gandum Kyic di Laut Hitam.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga kembali mengundang Zelensky untuk hadir pada KTT Para Pemimpin G20 di Bali pada November 2022.

Halaman:

Editor: Rauf Nuryama

Tags

Terkini

Musk kehilangan miliaran dolar dalam sehari

Selasa, 24 Mei 2022 | 20:40 WIB
X