• Rabu, 19 Januari 2022

Magawa, Tikus Pahlawan Pelacak Ranjau Darat Kamboja Meninggal dengan ‘Damai’

- Rabu, 12 Januari 2022 | 17:30 WIB
Seekor tikus bernama Megawa dianggap pahlawan karena jasanya membersihkan ranjau. Baru-baru ini ia mati (ilustrasi tikus/pixabay.com)
Seekor tikus bernama Megawa dianggap pahlawan karena jasanya membersihkan ranjau. Baru-baru ini ia mati (ilustrasi tikus/pixabay.com)

TiNewss.com -Seekor tikus pemburu ranjau darat  yang dianugerahi medali emas atas jasanya  membersihkan persenjataan dari pedesaan Kamboja telah mati, Selasa malam WIB.

Magawa—demikian nama seekor tikus raksasa Afrika yang berasal dari Tanzania itu, telah membantu membersihkan ranjau dari sekitar 225.000 meter persegi tanah  atau setara dengan 42 lapangan sepak bola, selama karirnya.

Selama karirnya, Megawa telah mendeteksi lebih dari 100 ranjau darat dan bahan peledak lainnya di Kamboja.

Baca Juga: Bareskrim Polri Usut Kasus Dugaan Mafia Tanah di Kota Depok

Karena usia,  Magawa pensiun pada Juni tahun lalu sebagai tikus pelacak ranjau ternama.

“Akhirnya,  Magawa meninggal dengan "damai" pada usia delapan tahun,” kata badan amal Belgia APOPO, yang melatihnya, dalam sebuah pernyataan.

"Kami semua di APOPO merasa kehilangan Magawa dan kami berterima kasih atas pekerjaan luar biasa yang telah dia lakukan," kata grup tersebut.

Baca Juga: Ikatan Cinta Rabu Malam, Andin Skak Irvan Soal Jesica, Akankah Tetap Aman?

APOPO mengatakan, Magawa dalam keadaan sehat dan menghabiskan sebagian besar minggu lalu bermain dengan antusias seperti biasanya.

Halaman:

Editor: Aam Permana S

Sumber: Channel News Asia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X