• Selasa, 24 Mei 2022

Ranjau Anti-tank Menewaskan Tiga Ahli Ranjau di Kamboja, Ribuan Orang Telah Jadi Korban

- Selasa, 11 Januari 2022 | 12:41 WIB
Ahli ranjau tewas saat membersihkan ranjau (ilustrasi pixabay.com)
Ahli ranjau tewas saat membersihkan ranjau (ilustrasi pixabay.com)

TiNewss.com - Sebuah ranjau anti tank sisa dari perang saudara Kamboja meledak pada hari Senin 10 Januari 2022 menewaskan tiga anggota tim ranjau lokal. Korban sebelumnya melakukan pekerjaan menyisir ranjau.

Kelompok Penghapusan Ranjau Mandiri Kamboja mengatakan dalam sebuah posting Facebook bahwa tim ahli telah menanggapi informasi banyak ranjau di provinsi utara Preah Vihear.

Daerah itu pernah menjadi lokasi pertempuran antara pasukan pemerintah dan gerilyawan komunis Khmer Merah pada 1990-an dan membuat wilayahnya dikotori dengan ranjau darat dan persenjataan lain yang tidak meledak.

Baca Juga: Ikatan Cinta Selasa Malam, Andin Kaget Soal Jesica, Irvan Masih Akan Berkelit?

Jumlah ranjaunya diperkirakan mencapai 4 juta hingga 6 juta ranjau darat. Semuanya diketahui sering meledak dan membunuh penduduk desa yang datang ke sana.

Menurut Otoritas Bantuan Korban dan Aksi Ranjau Kamboja, ada 64.950 korban, termasuk 19.806 kematian, yang disebabkan oleh ranjau darat dan sisa-sisa bahan peledak perang dari Januari 1979 hingga Juli 2021.

Walaupun jumlah korban sekarang menurun, tetapi tetap mengkhawatirkan.

Baca Juga: Ferdinand Ditahan, Roy Suryo : Alhamdulilah, Tapi Tawaran Saya Masih Berlaku

Itulah sebabnya, ahli ranjau bekerja keras untuk melacak dan membersihkan ranjau tersebut, untuk menghindari berjatuhannya korban dari masyarakat.

Halaman:

Editor: Aam Permana S

Sumber: Beberapa Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Musk kehilangan miliaran dolar dalam sehari

Selasa, 24 Mei 2022 | 20:40 WIB
X