Ini Tarif Retribusi Pemakaman yang resmi di Sumedang, Bandung dan Jakarta

TiNewss.com – Berdasarkan pada Perda No 22 Tahun 1996 tentang ketentuan pemakaman di Kabupaten Sumedang, yang diatur dalam bab XIII ketentuan retribusi, pasal 32. Pemerintah Kabupaten Sumedang menentukantarif retribusi pemakaman.

Dalam hal ini ditetapkan jika jenazah tidak dimasukkan ke peti dan liang lahat dari tanah, tarifnya antara 2 ribu hingga 5 ribu rupiah saja. Untuk Jenazah yang dimasukkan ke dalam peti dan liang lahat dari tanah, tarifnya antara 7 ribu hingga 13 ribu.

Sedangkan untuk jenazah yang dimasukkan ke dalam peti dan liang lahat dari tembok atau beton tarifnya mulai 20 ribu hingga 25 ribu.

Itu semuanya adalah retribusi atas tanah yang digunakan sebagai lahan pemakaman.

Perda No 22 tahun 1996, menurut Plt Kabag Hukum Setda, kabupaten Sumedang, masih berlaku, namun tarif retribusinya belum sesuai dengan UU No 28 tahun 2009.

“Perda na masih berlaku, hanya untuk tarif retibusinya belum menyesuaikan dengan UU No 28 tahun 2009 Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah,” kata plt Kabag Hukum Setda Sumedang, Dadang Rustandi.

Untuk hal yang sama, di Jakarta tarifnya hingga 100 ribu.

Sedangkan di Bandung sesuai dengan aturan terbaru, biaya yang dikenakan hanya sebesar 425 ribu untuk penggalian kuburan hingga usai termasuk sewa lahan.

Pejabat di Bandung menyebut, jika ada yang mengenakan tarif lebih besar dari itu, agar mencatat dan melaporkan petugasnya untuk mendapatkan sanksi.

“Laporkan ke Kami, catat dan sampaikan. Itu pelanggaran, pidana dan akan Kami proses, ” tegasnya sebagaimana dikutip dari web resmi kota Bandung. (***)

Related Articles

Stay Connected

1,496FansLike
600FollowersFollow
4FollowersFollow
17,300FollowersFollow
80FollowersFollow
1,594SubscribersSubscribe

-advertiseMENT-

Ucapan Selamat & Suksesspot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
Ucapan Selamat & Suksesspot_img
spot_img

Latest Articles