Aturan Terbaru 2023 : Jabatan Fungsional Penyetaraan Kini Miliki Permenpan RB No. 1 Tahun 2023

- Selasa, 24 Januari 2023 | 19:43 WIB
Jabatan fungsional penyetaraan sudah memiliki Permenpan No. 1 Tahun 2023  (TiNewss.Com/Adang Hadiyat)
Jabatan fungsional penyetaraan sudah memiliki Permenpan No. 1 Tahun 2023 (TiNewss.Com/Adang Hadiyat)

TiNewss.Com – Jabatan fungsional penyetaraan merupakan jabatan hasil dari kebijakan reformasi birokrasi yang dilakukan Presiden Jokowi untuk memangkas alur proses birokrasi pelayanan masyarakat.

Jabatan fungsional penyetaraan diarahkan untuk tugas yang lebih profesional dalam pelayanan masyarakat melalui reformasi birokrasi,

Jabatan fungsional penyetaraan dibuat agar alur pelayaran yang selama ini diterapkan mengacu kepada perintah menurut jabatan struktural dirubah dan dipangkaa sehingga menjadi lebih mudah dan simple.

Jabatan fungsional penyetaraan melalui reformasi birokrasi membuat waktu serta biaya dalam proses administrasi menjadi lebih singkat serta lebih irit. Itu dikarenakan memperpendek meja layanan yang harus di tempuh.

Baca Juga: Terungkap Harta Karun Mumi Bocah Emas Mengandung Logam Mulia 

Reformasi birokrasi penyederhanaan birokrasi lewat jabatan fungsional yang diamanatkan pemerintah pusat melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi telah memerintahkan kepada seluruh kepala daerah provinsi dan kabupaten/kota termasuk kementerian / badan / lembaga pusat untuk melakukan penyederhanaan birokrasi paling lambat pada akhir Desember tahun 2022 lalu.

Penyederhanaan birokrasi yang dilakukan berupa penyetaraan jabatan struktural eselon IV serta eselon III ke dalam jabatan fungsional penyetaraan.

Dalam perjalanannya reformasi birokrasi sejak dikeluarkan perintah jabatan fungsional penyetaraan eselon III dan eselon IV belum seluruhnya dilaksanakan, khususnya untuk eselon III.

Baca Juga: Hadiri Pelantikan Panitia Pemungutan Suara, Bupati Dony Ahmad Munir: Jaga Integritas dan Tahan Dari Godaan 

Halaman:

Editor: Rauf Nuryama

Sumber: KemenPANRB

Artikel Terkait

Terkini

X