• Sabtu, 3 Desember 2022

Hari Guru Nasional 25 November, Ini Sejarah Singkatnya

- Kamis, 24 November 2022 | 17:25 WIB
Ilustrasi Hari Guru Nasional 25 November  (TiNewss.Com/DodiBudiana)
Ilustrasi Hari Guru Nasional 25 November (TiNewss.Com/DodiBudiana)

TiNewss.Com - Hari Guru Nasional diperingati dunia pendidikan di Indonesia pada tanggal 25 November dalam setiap tahunnya, sebagai bentuk apresiasi terhadap para pendidik yang telah berjasa mencerdaskan bangsa.

Hari Guru Nasional mulai ditetapkan pada masa pemerintahan Presiden Soeharto, melalui Keppres No. 78 tahun 1994 tahun 25 November 1994.

Adapun yang melatarbelakangi ditetapkan tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional, tidak lepas dari sejarah terbentuknya persatuan guru di tanah air pada masa sebelum kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga: Pencarian Suami Di Duga Korban Gempa Cianjur, Wanita Asal Sumedang Ini Tampak Menahan Tangis

Hari Guru Nasional tidak lepas dari peran Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), yang sebelumnya bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGBH).

Dikutip dari berbagai sumber, PGBH tersebut dibentuk bertujuan dalam rangka memajukan dan memperjuangkan para anggotanya yang berprofesi sebagai pendidik pada masa sebelum kemerdekaan Indonesia.

Pada tanggal 25 November 1945, PGRI dibentuk dengan semangat mempertahankan Republik Indonesia dari cengkraman penjajah, serta memajukan pendidikan di tanah air.

Baca Juga: Jadwal Piala Dunia Qatar hari ini Kamis 24 November 2022,Brasil dan Portugal Tanding

Momen gerakan tersebut menjadi alasan ditetapkannya tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional.***

Halaman:

Editor: Rauf Nuryama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X