• Sabtu, 3 Desember 2022

Tiga Alternatif Penyelesaian Tenaga Non ASN, Ini Kata Azwar Anas

- Kamis, 24 November 2022 | 05:14 WIB
MenPAN Azwar Anas sampaikan 3 solusi penanganan Non ASN dihadapan Komisi II DPR RI. (menpan.rb)
MenPAN Azwar Anas sampaikan 3 solusi penanganan Non ASN dihadapan Komisi II DPR RI. (menpan.rb)

TiNewss.Com--Menteri PAN RB Abdulah Azwar Anas berikan tiga solusi penyelesaian tenaga non Aparatur Sipil Negara (ASN). Tiga solusi tersebut disampaikan Azawr Anas di hadapan Komisi II DPR RI, di Gedung Nusantara II, Jakarta, 21/11/2022.

Menurut Menteri Azwar Anas, pemerintah terus mencari solusi terbaik dalam penanganan penataan tenaga non-aparatur sipil negara (ASN) atau honorer di Tanah Air.

"Ada tiga solusi yang ditawarkan, yaitu tenaga non-ASN diangkat seluruhnya menjadi ASN, diberhentikan seluruhnya, atau diangkat sesuai dengan skala prioritas," urai Menteri Anas dalam Rapat Kerja bersama Komisi II DPR RI.

Dalam solusi alternatif yang ditawarkan tentu ada kelebihan dan kekurangan yang perlu dicermati oleh seluruh pihak. “Prinsipnya, pemerintah ingin pelayanan publik dan reformasi birokrasi berjalan optimal, menuju birokrasi berkelas dunia, dan di sisi lain diupayakan agar tidak ada tenaga non-ASN yang kehilangan pekerjaan,” beber Anas.

Baca Juga: Ajaib, 1 Bocah Bernama Azka Selamat Dari Gempa Cianjur Setelah 45 Jam Tertimbun Reruntuhan

Alternatif solusi pertama, papar Anas, tenaga non-ASN diangkat seluruhnya menjadi ASN. Apabila seluruh tenaga non-ASN diangkat menjadi ASN tentu butuh kekuatan keuangan negara yang cukup besar.

Selain itu tentu ada tantangan karena masih meraba-raba kualitas dan kualifikasi tenaga non-ASN tersebut. "Ada yg sangat bagus kualitas dan kualifikasinya. Tapi mungkin ada yang kualitasnya belum memenuhi syarat," ujarnya.

Alternatif solusi kedua, tenaga non-ASN diberhentikan seluruhnya. Namun, opsi ini tentu akan berdampak terhadap kelangsungan pelayanan publik. "Konsekuensinya adalah terganggunya pelayanan publik. Karena banyak ASN yang masa pensiunnya sudah tiba tapi belum ada yang menggantikan di sektor-sektor pelayanan publik terutama di sektor pendidikan dan kesehatan," lanjutnya.

Baca Juga: Update Gempa Cianjur Terkini: 271 Korban Meninggal Dunia, Tim Evakuasi Temukan 1 Korban Selamat

Halaman:

Editor: Asep D Darmawan

Sumber: menpan.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X