• Selasa, 16 Agustus 2022

Paus Yang Terdampar di Banyuwangi akan di evakuasi dan di autopsi

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 07:26 WIB
Sore kemarin, tepatnya pada tanggal 1 Agustus 2022, seekor paus terdampar di Dermaga Cinta Bulusan, Banyuwangi.  Paus ini akan di evakuasi dan akan di autopsi.
Sore kemarin, tepatnya pada tanggal 1 Agustus 2022, seekor paus terdampar di Dermaga Cinta Bulusan, Banyuwangi. Paus ini akan di evakuasi dan akan di autopsi.

TiNewss.com--Paus yang terdampar dan mati di Pantai Bulusan Banyuwangi akan di evakuasi dan akan dilakukan auotopsi untuk keperluan riset dan ilmu pengetahuan. Sehingga ini diharapkan akan bermanfaat untuk khazanah keilmuan soal paus.

Demikian disampaikan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani melalui media sosail resmi Pemerintah Kabupaten Banyuwangi.

"Bangkai paus yang terdampar akan di evakuasi dan di autopsi untuk riset. Riset akan melibatkan Universitas Airlangga  untuk melakukan autopsinya," ujar Bupati Ipuk.

Menurut Ipuk, autopsi dan riset ini akan berguna bagi riset dan ilmu pengetahuan ke depan, tentu akan menambah khazanah keilmuan soal paus.

Baca Juga: Dandim 0610 Sumedang Hendrik Favlevi Rangkuti, Ternyata Kelahiran Sumedang! Apa Kata Bupati?

Sementara itu Tim dari Unair, drh. Aditya Yudhana menyebutkan bahwa  proses autopsi akan dilakukan di lokasi setelah bangkai paus di evakuasi ke daratan.

"Di antara kita akan memeriksa  sistem pencernaannya. Apa ada pendarahan, benjolan atau lainya," ujar dokter yang menekuni parasitologi veteriner tersebut.

Menurut Aditya, Selat Bali memang merupakan jalur migrasi paus. Tapi dilakukan di kedalaman 800-900 meter.

"Jadi, kok bisa sampai terdampar. Ini akan kita teliti," ujar Aditya.

Halaman:

Editor: Asep D Darmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X