• Selasa, 4 Oktober 2022

Matangkan Kawasan Industri Butom, Dony: Sumedang Bakal jadi Masa Depan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

- Sabtu, 23 Juli 2022 | 18:30 WIB
Kawasan Industri Buahdua Ujungjaya Tomo (Butom) di Sumedang - Jawa Barat (TiNewss/Rauf)
Kawasan Industri Buahdua Ujungjaya Tomo (Butom) di Sumedang - Jawa Barat (TiNewss/Rauf)


TiNewss.Com - Pemerintah Kabupaten Sumedang terus menggenjot pertumbuhan kawasan industri di Buahdua-Ujungjaya-Tomo (Butom) yang digadang-gadang akan menjadi masa depan pertumbuhan perekonomian Indonesia.

Bupati Dony Ahmad Munir mengaku saat ini kawasan yang masuk dalam kawasan Metropolitan Rebana tersebut terus disolek agar mampu menjadi kawasan industri yang representatif.

"Kita akan optimalkan masalah infrastruktur," kata Dony, Jumat 22 Juli 2022.

Menurutnya, di kawasan dengan luas lebih dari 900 hektar tersebut memiliki aksebilitas transportasi baik dari sisi darat, laut dan udara.

"Kita dekat dengan Pelabuhan Patimban, kemudian dekat juga dengan Bandar Udara Internasional Jawa Barat di Kertajati serta dari sisi daratnya kita terkoneksi dengan baik di Tol Cisumdawu yang progresnya sudah berjalan dengan baik," kata Dony.

Sehingga, ia menilai Kabupaten Sumedang dengan kawasan yang kini disebut juga sebagai Industriapolis Butom tersebut memiliki kesiapan lebih mapan untuk dijadikan sebagai kawasan industri yang tentu saja akan berorientasi lingkungan.

"Pakar dan pengamat menilai kawasan Butom ini komplit. Sehingga tidak butuh waktu lama untuk menjadikannya kawasan industri," imbuhnya.

Dony mengaku, saat ini sudah ada beberapa perusahaan padat teknologi yang menjatuhkan pilihan untuk berinvestasi di Kawasan Butom. Namun, Dony belum mau merinci perusahaan apa dan dari negara mana lantaran prosesnya masih berjalan.

"Nanti kita akan umumkan, kalau progresnya sudah lebih dari 50 persen, sekarang masih berproses, yang pasti ini perusahaan teknologi," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Rauf Nuryama

Tags

Terkini

Indosiar Disentil Netizen, Efek Kick Off Jam 8 Malam

Minggu, 2 Oktober 2022 | 08:53 WIB

PSSI Ungkap Duka Cita untuk Sepak Bola Indonesia

Minggu, 2 Oktober 2022 | 08:22 WIB
X