• Selasa, 16 Agustus 2022

Negeri Tetangga Legalkan Ganja, Bagaimana Dampaknya Bagi Indonesia?

- Senin, 27 Juni 2022 | 08:46 WIB

 

TiNewss.Com - Mengerikan! Salah satu negara tetangga Indonesia, yakni Thailand telah resmi melegalkan ganja. Kebijakan tersebut membuat Badan Narkotika Nasional (BNN) mengawasi ketat potensi penyelundupan ganja ke Jawa Barat.

"Pengawasan khusus pasti ada," ucap Kepala BNN Jabar Brigjen M Arief Ramdhani di kantor BNN Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Kamis (16/6/2022).

Thailand sendiri termasuk satu-satunya negara di Asia yang telah melegalkan ganja. Menurut Arief, hal ini perlu diantisipasi lantaran kondisi geografis Thailand dengan Indonesia berdekatan dan sama-sama berada di Asia Tenggara. (detik. com, 16/06/22)

Tentu saja, antisipasi wajib dilakukan. Sebab, konektivitas antar negara mempermudah peredaran narkoba. Terlebih lagi ketika individu dan masyarakat di dalam negeri masih rentan. Banyak yang mudah tergiur pada barang haram tersebut. Entah sebagai pengguna, maupun pengedar.

Kasus penyalahgunaan narkotik dan obat terlarang di Kota Bandung meningkat sejak pandemi Covid-19. Hal itu didasarkan pada angka survei prevalensi yang dilakukan Badan Narkotika Nasional (BNN). 

Data BNN Kota Bandung, pada tahun 2021, hasil survei prevalensi Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Bandung menunjukkan bahwa penyalahgunaan narkoba di Kota Bandung mengalami peningkatan. Dari semula 1,80 persen di tahun 2019, naik menjadi 1,95 persen. (inewsjabar. id, 16/06/22)

Mengapa ancaman narkoba sulit untuk dibendung? Padahal, kita sudah teramat sering mendengar berita penangkapan pelaku pengguna ataupun pengedar narkoba. Pelaku pun berasal dari berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak hingga dewasa. Dari yang ekonomi pas-pasan hingga yang selevel "sultan".

Hal ini karena dampak dari penerapan sistem sekuler-liberal. Yakni aturan yang memisahkan agama dari kehidupan. Memisahkan agama dari negara. Sehingga aturan yang ada merupakan produk buatan manusia yang lemah dan terbatas.

Di Indonesia, narkoba memang ilegal. "Thailand mungkin sudah melegalkan, tapi di kita selama UU 35 (tentang narkotika) masih menentukan kalau ganja itu dilarang dan ilegal, kita akan tetap lakukan penindakan," tutur Kepala BNN Jabar Brigjen M Arief Ramdhani .

Halaman:

Editor: Rauf Nuryama

Tags

Terkini

X