• Selasa, 16 Agustus 2022

Kemendagri Luncurkan Inovasi Juwita NG dan i-PoP Exo pada Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik

- Senin, 27 Juni 2022 | 07:19 WIB
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyampaikan inovasi pelayanan publik berupa Juwita NG dan i-Pop Exo.
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyampaikan inovasi pelayanan publik berupa Juwita NG dan i-Pop Exo.

TiNewss.com--Kementerian Dalam Negeri meluncurkan inovasi baru dalam bidang pelayanan publik. Inovasi tersebut adalah Juwita NG dan i-Pop Exo.

Kedua inovasi tersebut diketahui setelah Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian yang mempresentasikan inovasi pelayanan publik tersebut pada ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Pubilk (KIPP) yang diselenggarakan Kementerian PAN-RB.

Mengawali presentasi dan wawancara di sesi pertama, Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian mempresentasikan inovasi Juwita NG di hadapan Tim Panel Independen (TPI).

Untuk diketahui, kebaruan pada inovasi Juwita NG ini dibuat untuk meminimalisir problematika pelayanan yang terkait dengan data penduduk, seperti data penduduk di lembaga layanan publik tidak valid, pemalsuan identitas, lamanya waktu pelayanan, kendala identifikasi pelaku/korban tindak kejahatan, kecelakaan, dan bencana, serta penyalahgunaan data untuk pencucian uang.

Baca Juga: DPD PAN Sumedang Usung 5 Calon Presiden Untuk Pemilu 2024, Ada Ridwan Kamil dan Anies Baswedan

“Dukcapil berusaha memberikan percepatan pada pelayanan publik untuk mengenali identitas orang, misalnya jika ada pelanggan di bank, diminta KTP dan dicek benar atau tidak, kita memberikan akses tertentu dengan fitur tertentu hanya untuk memvalidasi bahwa orang yang datang adalah orang yang benar,” ujarnya dalam Presentasi dan Wawancara KIPP Tahun 2022, secara virtual, Jumat (23/06).

Dijelaskan, kebaruan inovasi ini dapat memberikan percepatan pelayanan publik dalam pengenalan identitas seseorang, kemudian mengubah paradigma dari manual atau yang dikenal From Physical Know Your Customer (P-KYC) menjadi Electronic-Know Your Customer (E-KYC), mengurangi penipuan dan fraud, meningkatkan akurasi data melalui verifikasi biometrik (sidik jari dan wajah), dan mewujudkan NIK sebagai basis data SIN (Single Identity Number).

Selain Juwita NG, inovasi dari Kementerian Dalam Negeri adalah  inovasi Indonesia’s Population and Civil Registration Map for Data Exploration (i-Pop EXO).

Baca Juga: Siapa Juara Umum MTQ Jabar 2022, Bagaimana dengan Tuan Rumah Sumedang?

Halaman:

Editor: Asep D Darmawan

Sumber: menpan.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X