• Rabu, 29 Juni 2022

PPKN Berubah, Prof. Cecep Darmawan : Lebih Ideal Pendidikan Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan

- Rabu, 15 Juni 2022 | 06:48 WIB
Prof. Cecep Darmawan mengatakan lebih ideal Pendidikan Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan.
Prof. Cecep Darmawan mengatakan lebih ideal Pendidikan Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan.

TiNewss.com--Perubahan mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarnegaraan  menjadi Pendidikan Pancasila dalam Kurikulum Merdeka yang akan dimulai tahun pelajaran 2022/2023 yang disusul dengan rencana perubahan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, mendapat tanggapan dari Guru Besar Universitas Pendidikan Prof. Cecep Darmawan.

Menurut Cecep, dirinya setuju perubahan menjadi Pendidikan Pancasila, tetapi lebih bagus lagi manakala menjadi Pendidikan Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan.

"Saya setuju menjadi Pendidikan Pancasila, tetapi dari sisi lebel yang ideal adalah Pendidikan Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan. Itu yang ideal," kata Cecep Darmawan kepada TiNewss.com di sela-sela Munas Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI) dan Seminar Nasional 2022 di Hotel Mercure Bandung, 14 Juni 2022.

Baca Juga: Jumlah Pengguna Koneksi seluler di Indonesia pada tahun 2022

Karena dari sisi keilmuan, kata Cecep, civics education itu, hampir semua negara-negara pakai sisem demokrasi, ada yang disebut civics education. Dan juga kan di Perguruan Tinggi ada Pendidikan Kewarganegaraan dan ada Pendidikan Pancasila.

"Nah sekarang di tingkat persekolahan, Pendidikan Pancasila jadi lebel, sedangkan Pendidikan Kewarganegaraan di insersi kan, menjadi bagian," ujarnya.

Secara politis, kata Guru Besar Ilmu Politik ini, kita hargai pemerintah itu selama tidak dihilangkan substansi materi PKN, walaupun lebelnya Pendidikan Pancasila. Tetapi, yang ideal semestinya Pendidikan Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan. Jadi dua-duanya harus masuk.

"Karena dari sisi keilmuan tadi itu bahwa Pendidikan Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan itu seperti koin mata uang. Bisa dibedakan tetapi tidak bisa pisahkan," ujarnya.

Baca Juga: Jumlah Pengguna Twitter Di Indonesia Pada 2022

Halaman:

Editor: Asep D Darmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jumlah Pengguna Twitter Di Indonesia Pada 2022

Selasa, 14 Juni 2022 | 14:00 WIB
X