• Selasa, 16 Agustus 2022

Kontroversi Tiket Masuk Borobudur Rp 750 Ribu: Antara Luhut, TWC dan Luhut Lagi

- Senin, 6 Juni 2022 | 07:56 WIB
Kontroversi Tiket Masuk Borobudur Rp 750 Ribu
Kontroversi Tiket Masuk Borobudur Rp 750 Ribu

TiNewss.Com - Tiket masuk Borobudur menjadi Rp 750 Ribu, menjadi trending. Pernyataan Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Menko Maritim dan Investasi dipertanyakan publik.

Luhut menyampaikan bahwa tiket masuk ke kawasan wisata Borobudur dipatok seharga Rp 750 ribu untuk wisatawan lokal dan USD100 untuk wisatawan mancanegara, mendapat penolakan besar dari masyarakat. Baik warga Jawa Tengah sendiri maupun netizen Indonesia, sehingga trending di twitter.

Bahkan sebagian netizen mempertanyakan kehadiran Menko Marves tersebut dalam topik wisata Borobudur. Kapasitas Luhut sebagai apa?

Anggota DPR RI Fadli Zon menyebutnya sebagai Menkosaurus. "Yang perlu diurus tak diurus, Yang tak perlu diurus malah diurus, bikin urusan baru," kata Fadli melalui akun twitternya.

Pertanyaan keberadaan Luhut juga dipertanyakan oleh @adimas_alvin : "Bapak Luhut ini jabatannya menyangkup apa saja sih gais? Bukannya bapak ini kemaritiman ya? Dan wisata candi borobudur ini bukannya diatus sama mentri pariwisata gasi? Jabatannya pak Sandi".

Sementara itu dari pihak BUMN PT TWC (Taman Wisata Candi) menyambut baik pernyataan Luhut. Dalam penjelasannya ternyata harga Rp 750 ribu adalah harga tiket untuk naik ke candi Borobudur, bukan tiket masuk ke kawasan Candi Borobudur.

Dalam release Nomor : 1605/HM.401/VI/2022, Tanggal : 5 Juni 2022, PT TWC Dukung Pembukaan Akses Naik ke Candi Borobudur dengan Pengaturan Kuota Kunjungan bagi Wisatawan.

Hal ini sebagaimana hasil Rapat Koordinasi pada Sabtu 4 Juni 2022, antara Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi ; Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi; Kementerian BUMN; Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif; Kementerian PUPR ; K/L lain seperti Balai Konservasi Borobudur dan PT Taman Wisata Candi, termasuk Gubernur
Jawa Tengah dan Bupati Magelang, di Ruang Avadhana, kompleks Taman Wisata Candi Borobudur.

Rapat tersebut menurut pihak TWC membahas Pengembangan Destinasi
Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Candi Borobudur. Salah satu topik yang dibahas dalam rapat tersebut adalah pengaturan kunjungan wisatawan yang akan naik ke bangunan Candi Borobudur.

Halaman:

Editor: Rauf Nuryama

Tags

Terkini

X