• Sabtu, 2 Juli 2022

Nama Penduduk Harus Lebih dari Dua Kata dan Mudah Dibaca, Ini Penjelasan Dukcapil

- Selasa, 24 Mei 2022 | 06:38 WIB
Dirjen Dukcapil menejelaskan pentingnya nama lebih dari dua kata dan mudah dibaca.
Dirjen Dukcapil menejelaskan pentingnya nama lebih dari dua kata dan mudah dibaca.

TiNewss.com--Akhir-akhir ini viral memberikan nama tidak boleh hanya satu kata, sesuai aturan yang dibuat Kemendagri. Padahal selama ini banyak nama yang hanya satu kata atau lebih dari beberapa kata, bahkan ada kata yang sulit dibaca.

Atas dasar hal tersebut, Kementerian Dalam Negeri menerbitkan Permendagri No. 73 Tahun 2022 tentang Pedoman Pencatatan Nama pada Dokumen Kependudukan.

Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh menyampaikan, pencatatan nama pada dokumen kependudukan perlu diatur sebagai pedoman bagi penduduk dan pejabat yang berwenang melakukan pencatatan untuk memudahkan pelayanan publik. 

Baca Juga: Targetkan 6 Kursi di DPRD Sumedang, Bagus Noor Rochmat: Optimis dan Realistis

"Sehingga memberikan manfaat untuk pedoman pencatatan nama, penulisan nama pada dokumen kependudukan, dan meningkatkan kepastian hukum pada dokumen kependudukan," papar Dirjen Zudan di Jakarta, Senin (23/5/2022).

Selain itu, memudahkan dalam pelayanan administrasi kependudukan, perlindungan hukum, serta pemenuhan hak konstitusional dan mewujudkan tertib administrasi kependudukan.

Menurut Zudan, Dirinya menekankan bahwa pencatatan nama pada dokumen kependudukan mesti sesuai prinsip norma agama, kesopanan, kesusilaan, dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. 

"Antara lain syaratnya mudah dibaca, tidak bermakna negatif, dan tidak multitafsir, jumlah huruf paling banyak 60 karakter termasuk spasi dan nama paling sedikit dua kata," jelasnya.

Baca Juga: Ketua Fraksi PAN DPRD Sumedang: Ramadan Itu Mengajarkan 3 ilmu Kesabaran, Apa Saja?

Halaman:

Editor: Asep D Darmawan

Sumber: kemendagri.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

MenPAN RB Tjahyo Kumolo Meninggal Dunia

Jumat, 1 Juli 2022 | 11:56 WIB
X