• Sabtu, 2 Juli 2022

Antisipasi Stagflasi, Pemerintah Ajukan Tambahan Subsidi Energi dan Perlindungan Sosial

- Jumat, 20 Mei 2022 | 06:42 WIB
Menurut Sri Mulyani, pemerintah ajukan tambahan subsidi energi dan perlindungan sosial untuk cegah stagflasi akibat kondisi geopolitik dunia.
Menurut Sri Mulyani, pemerintah ajukan tambahan subsidi energi dan perlindungan sosial untuk cegah stagflasi akibat kondisi geopolitik dunia.

TiNewss.com--Mengingat perkembangan kondisi geopolitik dunia yang bisa mengakibatkan stagflasi, pemerintah mengajukan penambahan alokasi anggaran untuk subsidi energi baik BBM dan listrik, maupun perlindungan sosial.

Hal tersebut dilakukan untuk masyarakat agar daya beli dapat terjaga dan pemulihan ekonomi pun dapat terus diakselerasi.

Demikian disampaikan Menteri Keuangan Sri Mulyani saat Rapat Kerja dengan Badan Anggaran DPR RI, Kamis, 19 Mei 2022, seperti TiNewss.com kutip dari Instagramnya @smindrawati.

Menurut Sri Mulyani, kondisi geopolitik dunia telah menyebabkan harga-harga komoditas melonjak drastis.

Baca Juga: Datangi Jatinangor Sumedang, Ini Penjelasan Menteri Pertanian Terkait Wabah Penyakit Mulut dan Kuku

"Namun begitu, negara terus hadir untuk melindungi masyarakat, melindungi ekonomi, dan melindungi APBN," ujarnya.

Pernah mendengar istilah stagflasi?

Menurut Sri Mulyani, stagflasi adalah sebuah kondisi dimana pertumbuhan ekonomi stagnan, tapi inflasinya tinggi. Fenomena ini sudah pernah terjadi pada awal tahun 80-an dan 90-an.

"Inflasi di Amerika Serikat (AS) pernah mencapai 14,8% di tahun 80-an dengan suku bunga acuan mencapai 20%, pertumbuhan ekonomi pun mengalami pelemahan atau negative growth," ujarnya.

Halaman:

Editor: Asep D Darmawan

Sumber: Instagram @smindrawati

Tags

Artikel Terkait

Terkini

MenPAN RB Tjahyo Kumolo Meninggal Dunia

Jumat, 1 Juli 2022 | 11:56 WIB
X