• Kamis, 29 September 2022

Arus Balik Lebaran Mulai Meningkat, Ini Aturan yang Perlu Pemudik Ketahui

- Jumat, 6 Mei 2022 | 07:32 WIB
Susana arus lalu lintas di ruas Tol Palimanan Kamis 5 Mei 2022 (Medianekita.com/tangkap layar CCTV)
Susana arus lalu lintas di ruas Tol Palimanan Kamis 5 Mei 2022 (Medianekita.com/tangkap layar CCTV)

TiNewss.com--Korlantas Polri melakukan rekayasa lalu lintas di jalur di jalur tol, menyusul adanya peningkatan pergerakan kendaraan mulai Rabu 4 Mei 2022 kemarin.

Atas kegiatan tersebut, Kementerian Perhubungan mendukung kebijakan Korlantas Polri tersebut. 

“Kami sangat mendukung diterapkannya rekayasa lalin ini. Dengan adanya peningkatan arus balik mulai Rabu Kemarin, menjadi indikasi bahwa masyarakat sudah kembali lebih awal. Insha Allah bisa mengurangi kepadatan di hari puncak arus balik pada tanggal 6 s.d 8 Mei nanti,” demikian disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kamis (5/5).

Baca Juga: BPBD Sumedang Terus Lakukan Pencarian Korban Banjir Bandang Citengah, Ini Tiitik Lokasi Pencarian Hari Ini

Berdasarkan hasil koordinasi Korlantas Polri dengan Kemenhub dan juga Jasa Marga, dilaporkan bahwa ruas tol Cipali tidak akan mampu menampung kepadatan arus lalin baik pada jalur A dan B, jika tidak dilakukan rekayasa lalin. Dengan volume capacity (VC) ratio sebesar 1,19, yang artinya volume kendaraan sudah melebihi kapasitas jalan.

Dari hasil pantauan arus lalu lintas pada Rabu (4/5) kemarin mulai pkl 06.00 WIB sd 18.00 WIB, dilaporkan bahwa kendaraan yang telah melewati ruas jalan tol Cipali mengalami tren peningkatan.

Dilaporkan juga dari pantuan CCTV NTMC dan Command Center PJR, serta peta digital, telah terlihat adanya peningkatan pergerakan arus lalin dari timur menuju ke arah barat.

Baca Juga: Kapolres Sumedang Tinjau TKP Banjir Bandang Desa Citengah Sumedang, Ini Perkembangan Pencarian Korban

Begitupun, dari pantauan langsung di lapangan baik dari Polda Jateng, Polda Jabar dan Korlantas Polri, arus lalu lintas mengalami peningkatan dibandingkan hari sebelumnya.

Halaman:

Editor: Asep D Darmawan

Sumber: dephub.go.id.

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X