• Selasa, 4 Oktober 2022

Jokowi Sentil Menteri Terkait Belanja Impor Instansi Pemerintah

- Sabtu, 26 Maret 2022 | 10:07 WIB
Jokowi sentil Menteri, TNI/Polri dan pemerintah daerah terkait masih banyaknya impor kebutuhann belanja barang pemerintah.
Jokowi sentil Menteri, TNI/Polri dan pemerintah daerah terkait masih banyaknya impor kebutuhann belanja barang pemerintah.

TiNewss.com--Presiden Jokowi sentil para Menteri, jajaran TNI/Polri dan pemerintah daerah yang masih melalukan impor untuk belanja kebutuhan barang dan jasa yang ada di beberapa lembaga. Padahal menurut Presiden, semua barang-barang tersebut sudah banyak diproduksi di Indonesia.

Presiden Jokowi mengajak untuk memiliki kebanggaan dan keinginan untuk membeli dan membelanjakan anggarannya pada produk-produk dalam negeri. 

"Malah beli barang-barang impor, mau kita terus-teruskan? Ndak...ndak bisa! Kalau kita beli barang impor, bayangkan Bapak/Ibu kita beri pekerjaan ke negara lain, duit kita, capital outflow keluar. Pekerjaan ada di sana, bukan di sini. Coba kita belokkan semua ke sini," ujar Presiden Jokowi saat memberikan arahan pada acara Afirmasi Bangga Buatan  Produk Indonesia, di Nusa Dua, Bali, Jum'at, 25 Maret 2022.

Baca Juga: Pasar Rakyat Imogiri Bantul Dua Kali Peroleh SNI, Lurah Pasar: Untuk Kepentingan Warga Pasar dan Pembeli

Presiden Jokowi juga mencontohkan ada lembaga yang membeli CCTV dengan melalui impor. Padahal, menurutnya, Indonesia sangat bisa untuk membuat model seperti itu.

"Apa-apaan ini? Dipikir kita bukan negara maju, buat CCTV saja beli impor," ujarnya.

Presiden juga menyentil TNI/Polri yang membeli seragam dan sepatu juga buatan luar negeri. Beliau berharap, hal tersebut harus diubah untuk mulai bangga beli produk dalam negeri.

Baca Juga: UMKM Tidak Mau Langsung Jual Ke Pemda, Azwar Anas: Karena Pemda Suka Ngutang, Bayar bisa Tiga Bulan

Selain itu, Presiden juga menyentil Menteri Kesehatan tentang belanja alat kesehatan yang banyak impor.

Halaman:

Editor: Asep D Darmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Indosiar Disentil Netizen, Efek Kick Off Jam 8 Malam

Minggu, 2 Oktober 2022 | 08:53 WIB

PSSI Ungkap Duka Cita untuk Sepak Bola Indonesia

Minggu, 2 Oktober 2022 | 08:22 WIB
X