• Kamis, 18 Agustus 2022

Belanja Produk Dalam Negeri Capai Rp214 Triliun dalam Tiga Hari, Dapat Rekor Muri

- Jumat, 25 Maret 2022 | 17:47 WIB
Belanja Produk dalam Negeri capai Rp214 triliun dalam tiga hari selama Business Matching, dapat Rekor Muri. (maritim.go.id)
Belanja Produk dalam Negeri capai Rp214 triliun dalam tiga hari selama Business Matching, dapat Rekor Muri. (maritim.go.id)

TiNewss.com--Pemerintah merasa optimis bahwa potensi belanja pusat dan daerah sangat besar, dan  terbukti mencapai Rp214 triliun dalam tiga hari selama pelaksanaan Business Matching Belanja Produk Dalam Negeri. Atas capaian tersebut mendapat Rekor Muri (Museum Rekor Indonesia).

Hal itu dikatakan Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita karena dalam penyelenggaraan Business Matching Belanja Produk Dalam Negeri di Nusa Dua Bali pada 22-24 Maret 2022 mendapatkan antusias yang cukup tinggi.

“Per sore ini menembus angka Rp200 triliun,” kata Agus Gumiwang saat acara penutupan Business Matching Belanja Produk Dalam Negeri 2022 di Nusa Dua Bali, Kamis, 24 Maret 2022.

Baca Juga: Tersangkut Dana Insentif Daerah, Mantan Bupati Tabanan Ditahan KPK RI

Menteri Agus optimistis, dari potensi belanja pemerintah pusat dan daerah yang mencapai Rp1.071,4 triliun, sebesar Rp400 triliun di antaranya akan diserap melalui komitmen belanja produk-produk dalam negeri sepanjang tahun 2022.

Kendati demikian, ia mengakui bahwa angka ini masih jauh dari target sebesar Rp400 triliun. Namun ia tetap optimis bahwa target tersebut akan tercapai pada 2022.

Menurut Agus Gumiwang, Business Matching merupakan langkah awal launching komitmen bersama dari Kementrian/ Lembaga, BUMN dan Pemerintah Daerah.

Ada 15 K/L yang tercatat sebagai penyumbang terbesar dari komitmen belanja produk barang dan jasa UMKM di dashboard Kemenperin. Diantaranya adalah Kementerian PUPR, Kementerian Pertahanan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Kominfo, Kementerian Perhubungan, Kementerian Agama, Kepolisian RI, Kementerian Hukum dan HAM.

Baca Juga: Pemerintah Naikkan PPN per 1 April 2022 untuk Bangun Fondasi Perpajakan

Halaman:

Editor: Asep D Darmawan

Sumber: maritim.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lirik Lagu Mengheningkan Cipta Karya Truno Prawit

Selasa, 16 Agustus 2022 | 18:30 WIB
X