• Kamis, 18 Agustus 2022

Kelompok Kerja Pendidikan G20 sepakati 4 Agenda Prioritas Bidang Pendidikan

- Selasa, 22 Maret 2022 | 07:03 WIB
Pertemuan Kelompok Kerja Pendidikan G20 menyepakati 4 Agenda Prioritas Bidang Pendidikan. (Kemendikbud)
Pertemuan Kelompok Kerja Pendidikan G20 menyepakati 4 Agenda Prioritas Bidang Pendidikan. (Kemendikbud)

TiNewss.com--Kelompok Kerja Pendidikan G20 atau First G20 Education Working Group (EdWG) Meeting  menyepakati 4 agenda prioritas pendidikan. Hal ini disepakati pada pertemuan pertama Tim Kelompok Kerja Pendidikan G20 yang berakhir pada Jumat (18/3/2022) di Yogyakarta.

Keempat agenda tersebut adalah Pendidikan Berkualitas untuk Semua, Teknologi Digital dalam Pendidikan, Solidaritas dan Kemitraan, serta Masa Depan Dunia Kerja Pasca Covid-19.

Demikian disampaikan Ketua G20 EdWG Iwan Syahril, di Jogyakarta seperti dikutip TiNewss.com dari laman resmi Kemendikbudristekdikti dalam Konferensi Pers First G20 Education Working Group Meeting, Jumat (18/3/2022).

Baca Juga: Sholat Tarawih Ramadhah Tahun ini Tanpa Pembatasan, Ini Syaratnya!

Menurut Iwan, negara-negara anggota G20 telah menyepakati komitmen untuk mendukung empat agenda prioritas bidang pendidikan yang diangkat Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan  diharapkan dapat menjadi solusi bersama untuk bangkit dari situasi pandemi. 

Iwan menuturkan, Indonesia telah memperkuat ajakan kepada negara-negara G20, negara undangan khusus, organisasi internasional, serta kelompok kerja dan kelompok pelibatan G20 untuk bergotong royong menciptakan pendidikan yang berkualitas.

Dalam pertemuan perdana G20 EdWG tersebut, Indonesia menyampaikan tantangan selama pandemi dan berbagi praktik baik mengenai terobosan Merdeka Belajar untuk memulihkan dunia pendidikan. Para delegasi G20 juga berbagi inisiatif, strategi, sekaligus tantangan yang dihadapi dalam mengakselerasi kualitas pendidikan.

Baca Juga: Viral, Juara MotoGP Mandalika 2022 Miguel Oliveira Dedikasikan Podium Juara untuk Risman, Siapa Risman?

“Indonesia berbagi praktik baik terobosan Merdeka Belajar untuk pemulihan pendidikan, di mana sejumlah negara juga telah melakukan praktik-praktik yang selaras dengan apa yang dilakukan Kemendikbudristek melalui Merdeka Belajar,” ujar Iwan 

Menurut Iwan, berbagi praktik baik tersebut bertujuan agar negara-negara anggota G20 bisa saling belajar satu sama lain, sekaligus memperkuat prinsip gotong royong menuju penguatan kolaborasi di tingkat global.

Dalam Pertemuan Pertama Kelompok Kerja Pendidikan G20, empat agenda prioritas pendidikan yang diangkat Kemendikbudristek telah dibahas lebih lanjut. Pertama, Pendidikan Berkualitas untuk Semua.

Baca Juga: Pasca MotoGP Mandalika 2022, Arus Penumpang Masih Tinggi

Halaman:

Editor: Asep D Darmawan

Sumber: kemdikbud.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lirik Lagu Mengheningkan Cipta Karya Truno Prawit

Selasa, 16 Agustus 2022 | 18:30 WIB
X