• Selasa, 16 Agustus 2022

Geber Program Citarum Harum, Ridwan Kamil: Jerman dan Bank Dunia Beri Bantuan 100 juta Dollar

- Kamis, 17 Maret 2022 | 09:28 WIB
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan Jerman dan Bank Dunia beri bantuan 100 juta dollar untuk geber program Citarum Harum.
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan Jerman dan Bank Dunia beri bantuan 100 juta dollar untuk geber program Citarum Harum.

TiNewss.com--Dalam rangka untuk menggeber pelaksanaan program Citarum Harum, Jerman dan Bank Dunia akan memberikan bantuan sebesar 100 juta dollar untuk sanitasi limbah bagi 9 juta penduduk di kawasan Aglomerasi Bandung Raya.

Demikian disampaikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, sesaat setelah  mendampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat meninjau progres program Citarum Harum di Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Selasa, 15 Maret 2022.

Menurut Gubernur RK, sanitasi limbah tersebut dikhususkan untuk 9 juta penduduk di kawasan Aglomerasi Bandung Raya dengan pusat filterisasinya di Bojongsoang Kabupaten Bandung.

Baca Juga: Revitalisasi Terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali Sambut Delegasi G20

Lebih lanjut RK mengatakan, program Citarum Harum ini mengalami progres yang cukup baik. 

Sungai raksasa yang tahun 2015 dijuluki sungai terkotor di dunia dan langganan banjir besar ini, sekarang ini semakin bersih dan jauh berkurang banjirnya sebanyak 80% dalam 3 tahun terakhir. 

"Hal ini dikarenakan gotong royong kerja sama semua pihak," ujarnya.

Baca Juga: Prabowo Bertemu Presiden Prancis Emmanuel Macron Bahas Kelanjutan Beli Jet Rafale dan Kapal Selam Scorpene

Menurut RK, pada tahun 2025 sesuai target, Sungai Citarum akan menjadi sungai yang bersih dan jauh dari rutinitas banjir.

Halaman:

Editor: Asep D Darmawan

Sumber: Instagram @ridwankamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X