• Selasa, 16 Agustus 2022

Perjalanan Domestik Melalui Darat, Laut dan Udara tidak Perlu PCR Negatif

- Senin, 7 Maret 2022 | 21:11 WIB
Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investai, Luhut Binsar Pandjaitan sebut Perjalanan Laut, Udarah, dan Darat Cukup Vaksin Kedua dan Penonton Olahraga Diperbolehkan dengan Syarat Ini  (tangkapan layar/ YouTube Sekretariat Presiden)
Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investai, Luhut Binsar Pandjaitan sebut Perjalanan Laut, Udarah, dan Darat Cukup Vaksin Kedua dan Penonton Olahraga Diperbolehkan dengan Syarat Ini (tangkapan layar/ YouTube Sekretariat Presiden)

TiNewss.com--Ada kabar baik yang disampaikan pemerintah, bahwa bagi para pelaku perjalanan domestik yang menggunakan transportasi darat, laut dan udara tidak perlu menunjukkan bukti tes antigen maupun PCR negatif.

Sebelumnya pemerintah juga memberlakukan tanpa karantina bagi para pelaku perjalanan luar negeri, yang mulai berlaku pada tanggal 7 Maret di uji coba di Bali.

"Perjalanan domestik dengan transportasi udara, laut, maupun darat yang sudah melakukan vaksinasi dosis kedua atau lengkap sudah tidak perlu menunjukkan bukti tes antigen maupun PCR negatif," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang juga koordinator PPKM Jawa-Bali, saat konferensi pers bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang juga Koordinator PPKM Luar Jawa Bali Airlangga Hartarto, dan Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono. 

Baca Juga: Gadis Ini Ditemukan Sudah Meninggal di Pesawahan, Ternyata Sedang Hamil

Menurut Luhut, selain perjalanan domestik, kabar baik juga bagi  kegiatan kompetisi olahraga dapat menerima penonton dengan syarat sudah melakukan vaksinasi booster dan menggunakan peduli lindungi, dengan kapasitas masing-masing sebagai berikut, level 4: 25%, level 3: 50%, level 2: 75 % dan level 1: 100 %.

Pemberlakuan aturan baru tersebut, lanjut Luhut, karena kondisi pandemi yang terus membaik membuat pemerintah menyiapkan kebijakan baru terkait syarat perjalanan domestik, aktivitas kompetisi olahraga, dan adanya uji coba Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) tanpa karantina yang akan dilakukan di Bali.

Baca Juga: Menparekraf Jajal Balon Udara dan Nikmati Wisata Khas Pegunungan di Subang

“Secara khusus perlu kami sampaikan bahwa, kondisi tren penurunan kasus konfirmasi harian terjadi di seluruh Provinsi di Jawa dan Bali. Tingkat rawat inap dan kematian sudah menurun, walau memang masih ada seperti DIY yang masih naik namun kami prediksi akan turun dalam waktu dekat,” tegas Menko Luhut saat membuka konferensi pers.

Untuk Jawa – Bali, sudah banyak kabupaten atau kota yang kembali masuk PPKM Level 2, salah satunya wilayah aglomerasi Jabodetabek dan Surabaya Raya. Hal ini nantinya akan tertuang lebih lanjut dalam Inmendagri yang dikeluarkan hari ini. Selain itu pemerintah juga akan terus mendorong vaksinasi lansia dan juga vaksinasi booster bagi seluruh masyarakat.

Baca Juga: Perang Rusia vs Ukraina, Radakin: Warga Inggris Untuk Tidak Pergi Perang Ke Ukraina

Halaman:

Editor: Asep D Darmawan

Sumber: maritim.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

X