• Jumat, 19 Agustus 2022

Penguasa Sumedang, Sejak Kerajaan Tembong Agung, Himbar Buana, Sumedang Larang Hingga Menjadi Bagian NKRI

- Minggu, 6 Maret 2022 | 08:07 WIB
Peta Zaman dulu, sebuah ilustrasi penguasa di Sumedang sejak zaman Kerajaan hingga Kebupatian (Nicolaes Visscher II)
Peta Zaman dulu, sebuah ilustrasi penguasa di Sumedang sejak zaman Kerajaan hingga Kebupatian (Nicolaes Visscher II)

 

TiNewss.com - Penguasa Sumedang silih berganti, dimulai sejak zaman Kerajaan Tembong Agung yang merupakan cikal bakal Sumedang, kemudian Kerajaan Himbar Buana, Kerajaan Sumedang Larang, hingga Sumedang sebagai Kabupaten dan menjadi bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sumedang saat ini, merupakan wilayah Kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat, merupakan bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdasarkan Undang Undang Rebuplik Indonesia Nomor 14 tahun 1950 tentang Pemerintah Daerah Kabupaten Dalam Lingkungan Provinsi Djawa Barat. pada 8 Agustus 1950.

Penguasa Sumedang yang pertama adalah Prabu Guru Aji Putih. Beliau merupakan Raja Pertama di Kerajaan Tembong Agung, yang merupakan cikal bakal Kerajaan Sumedang Larang.

Baca Juga: Waterfront City, Obyek Wisata Baru di Labuan Abko NTT

Prabu Guru Aji Putih, memerintah Kerajaan Tembong Agung sejak 678 hingga 721 Masehi, di Citembong Girang Kecamatan Ganeas, sebelum akhirnya pindah ke Kampung Muhara Desa Leuwi Hideung Kecamatan Darmaraja.

Kerajaan Sumedang Larang merupakan Kerajaan Islam yang berdiri sejak abad ke-8 Masehi atau sekitar tahun 721 M. Walaupun sebagai Kerajaan, Sumedang baru berdaulat menjadi sebuah negara pada abad ke-16 Masehi.

Pada masa Prabu Guru Aji Putih, Sumedang merupakan bagian dari Kerajaan Sunda dan Galuh, yang kemudian berlanjut hingga abad ke-16 Masehi,  (721-1530 M). 

Baca Juga: Tertangkap CCTV, 3 orang Pencuri Beraksi di SMP Negeri 2 Conggeang Sumedang

Halaman:

Editor: Rauf Nuryama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lirik Lagu Mengheningkan Cipta Karya Truno Prawit

Selasa, 16 Agustus 2022 | 18:30 WIB
X