• Rabu, 28 September 2022

Tahukah Anda Lapisan Aspal untuk Balapan Berkecepatan Tinggi Seperti Sirkuit Mandalika agar Tetap Aman?

- Rabu, 23 Februari 2022 | 20:40 WIB
Pembalap Ducati Luca Marini, puji tikungan 6 dan 7 di Sirkuit Mandalika. (IG @luca_marini_97)
Pembalap Ducati Luca Marini, puji tikungan 6 dan 7 di Sirkuit Mandalika. (IG @luca_marini_97)

TiNewss.com--Tidak banyak yang tahu tentang lapisan aspal yang digunakan pada sirkuit, seperti Pertamina Mandalika International Street Circuit, ternyata sangat berbeda dengan lapisan aspal pada jalan raya biasa. 

Dalam pengerjaan lapisan aspal untuk sirkuit, mulai  dari bahan material aspal  yang digunakan dalam proses pembuatan aspal sampai proses pengerjaannya harus  berkualitas. Sehingga hasilnya akan membuat para pembalap dengan kecepatan 330 km per jam berada pada tingkat keamanan yang tinggi.

Dikutip Tinewss.com dari akun instagram @themandalikagp, lapisan aspal yang digunakan Pertamina Mandalika International Street Circuit, adalah sebagai berikut:

Baca Juga: Catat! Ini Peraturan PPKM Level 4 Termasuk Untuk Kota Cirebon

Satu, Wearing Course. Ini terdiri dari stone mastic asphalt (SMA) yaitu merupakan bahan campuran aspal dan digunakan untuk melapisi permukaan atas aspal. Lapisan aspal ini diklaim bisa memperkuat struktur lapisan permukaan lintasan sirkuit agar tetap kuat.

Kedua, Asphalt Concrete. Lapisan ini harus memiliki ketebalan dan rigiditas yang cukup untuk mengurangi tegangan akibat beban lalu lintas yang akan diteruskan ke lapisan di bawahnya.

Baca Juga: Satu-satunya Kabupaten Kota di Jabar Masuk Level 4 PPKM, Kota Cirebon! Bagaimana Pangandaran dan Sumedang?

Ketiga: Base Course. Lapisan aspal yang bawah untuk memperkuat struktur lintasan utama, sehingga lapisan ini menggunakan batuan yang berasal dari Lombok Utara, Lombok Timur serta Palu.***

Editor: Asep D Darmawan

Sumber: Instagram @themandalikagp

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PTDH Ferdy Sambo, Bukti Jika Polri Tegas dan Berkomitmen

Jumat, 23 September 2022 | 07:44 WIB
X