• Selasa, 16 Agustus 2022

Meskipun Pandemi, Laju Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Triwulan IV Tumbuh Positif

- Senin, 7 Februari 2022 | 22:31 WIB
Aktivitas pasar. (TiNewss)
Aktivitas pasar. (TiNewss)

TiNewss.com--Laju pertumbuhan ekonomi Indonesia pada Triwulan IV tumbuh positif walaupun Indonesia dilanda pendemi. Kinerja ekonomi Indonesia pada Triwulan IV 2021 mampu tumbuh sebesar 5,02% (yoy).

“Keberhasilan pengendalian pandemi, partisipasi masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan dan vaksinasi, efektivitas kebijakan stimulus fiskal oleh pemerintah serta sinergi yang baik antar otoritas dalam menjaga stabilitas dan percepatan pemulihan ekonomi menjadi faktor utama terjaganya keberlanjutan pemulihan ekonomi nasional," kata Kepala Badan Kebijakan Fiskal, Kementerian Keuangan, Febrio Kacaribu seperti dikutip TiNewss.com dari laman resmi Kemenkeu.

Baca Juga: Pelaku Pembunuhan Guru SD di Sadang Serang Bandung Berhasil Diamankan, Berikut Kronologisnya

Menurut Febrio, secara quarter-to-quarter (qtq), pertumbuhan ekonomi Triwulan IV 2021 tercatat 1,06%, melampui pola normalnya yang secara historis mencatatkan pertumbuhan negatif (qtq Triwulan IV 2015 – 2019 rata-rata -1,7%).

Lebih lanjut Febrio mengatakan, laju pertumbuhan ekonomi Triwulan IV ditopang oleh pertumbuhan positif seluruh komponen pengeluaran dan sektor produksi utama. Keberhasilan pengendalian pandemi pasca penyebaran varian Delta di Triwulan III 2021 mampu mendorong keyakinan masyarakat untuk beraktivitas dan dunia usaha untuk berekspansi.

Baca Juga: Rekonstruksi Tersangka Roy Mahendra dan Suhenda, Diwarnai Aksi Bantahan Oleh Pelaku

"Aktivitas ekspor mampu melanjutkan pertumbuhan yang tinggi seiring permintaan dan harga komoditas global yang meningkat. Sementara impor juga meningkat. Mencerminkan menguatnya pemulihan permintaan domestik, khususnya sektor produksi. Dari sisi lapangan usaha, sektor-sektor unggulan nasional seperti manufaktur, perdagangan, konstruksi, dan transportasi melanjutkan tren pemulihan dengan mencatat pertumbuhan kuat," ujar Febrio.

Secara keseluruhan tahun 2021, ekonomi Indonesia tumbuh sebesar 3,69%, atau sejalan dengan outlook Kementerian Keuangan. Dari sisi laju pemulihan, PDB Indonesia tahun 2021 berhasil melampaui level periode prapandemi.

Baca Juga: Kasus Varian Omicron Meningkat Signifikan, PPKM Jadebotabek dan Bandung Raya Jadi Level 3

Halaman:

Editor: Asep D Darmawan

Sumber: kemenkeu.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X