• Selasa, 4 Oktober 2022

Wah, Ridwan Kamil Tidak Masuk Lima Besar Capres, Ini Kata Trust Indonesia Research and Consulting

- Senin, 31 Januari 2022 | 15:00 WIB
Ilustrasi survey calon presiden Indonesia 2024 (foto picabay.com)
Ilustrasi survey calon presiden Indonesia 2024 (foto picabay.com)

TiNewss.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau sering disebut RK, tidak masuk lima besar calon presiden 2024 potensial.  RK masih berada di bawah Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Tidak masuknya RK di lima besar capres 2024 berdasarkan survey terbaru dari lembaga Trust Indonesia Reserch and Consulting yang diumumkan Senin 31 Januari 2024 hari ini.

Berdasarkan suvey itu, RK berada di urutan ke enam atau di luar lima besar dengan elektabilitas sebesar 3,4% .

Posisi di luar lima besar itu, juga juga ditempati trah langsung Megawati Soekarno Putri, Ketua DPR RI Puan Maharani. Puan tercatat yang memiliki elektabilitas sebesar 2,8% saja.

Trust Indonesia Research and Consulting dalam penjelasannya melakukan survei dari 3 hingga 12 Januari 2022 lalu, yang dilakukan secara tatap muka langsung. Survey melibatkan sebanyak 1.200 dari beberapa tempat tertentu di Indonesia.

 “Teknik pengambilan sampel menggunakan multistage random sampling, dengan menetapkan margin of error sebesar 2,8% dan tingkat kepercayaan sebesar 95%,” jelas Direktur Eksekutif Trust Indonesia, Azhari Ardinal.

Berdasarkan survey dengan niatan untuk mengukur dinamika elektoral jelang Pemilihan Presiden ( Pilpres ) 2024 mendatang itu, posisi pertama dipegang Prabowo Subianto dengan elektabilitas 25%.

Berada di posisi kedua adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan elektabilitas sebesar 16,3%,  sedangkan di posisi ketiga diduduki Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebesar 16,1%.

Selain mereka, survey juga menempatkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno di posisi keempat dengan elektabilitas sebesar 7,8%, dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebesar 5,7%. ***

Halaman:

Editor: Aam Permana S

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Indosiar Disentil Netizen, Efek Kick Off Jam 8 Malam

Minggu, 2 Oktober 2022 | 08:53 WIB

PSSI Ungkap Duka Cita untuk Sepak Bola Indonesia

Minggu, 2 Oktober 2022 | 08:22 WIB
X