• Selasa, 24 Mei 2022

Wow, Indeks Profesionalitas ASN Kabupaten Sumedang Terbaik Keempat di Indonesia dan Nomor 1 di Jawa Barat

- Senin, 24 Januari 2022 | 10:06 WIB
Indeks Profesionalitas ASN Sumedang Terbaik Secara Nasional dan di Jabar Nomor 1 (TiNewss/Rauf)
Indeks Profesionalitas ASN Sumedang Terbaik Secara Nasional dan di Jabar Nomor 1 (TiNewss/Rauf)

TiNewss.comIndeks Profesionalitas (IP) ASN Kabupaten Sumedang menjadi salah satu yang terbaik di tingkat nasional dan menempati Nomor 1 di Jawa Barat.

Hal itu tertuang dalam lampiran Surat Deputi Bidang Pembinaan Manajemen Kepegawaian (PMK) Badan Kepegawaian Nasional tertanggal 13 Januari 2022 tentang Pengukuran Indeks Profesionalitas ASN Tahun 2021.

"Walaupun nilainya baru 63,74, tetapi kita menjadi yang terbaik di Jawa Barat dan berada keempat terbaik secara nasional setelah Bappenas, Kota Padang Panjang dan Kabupaten Pasaman," ujar Kepala BKPSDM Kabupaten Sumedang Endi Ruslan dalam keterangannya beberapa waktu lalu. 

Baca Juga: Sandiaga Reuni dengan Anies di acara Rhoma Irama, Ada Apa?

Ia menambahkan, pengukuran Indeks Profesionalitas (IP) ASN dilakukan melalui aplikasi online di website BKN dengan empat dimensi penilaian yakni Kualifikasi, Kompetensi, Kinerja dan Disiplin.

"Dari hasil pengukuran 9.155 ASN Kabupaten Sumedang, nilai dimensi Kualifikasi 13,20; Komptensi 20,39; Kinerja 25,06; dan Disiplin 4,99, sehingga total nilainya 63,64," katanya.

Endi mengatakan, pengukuran IP ASN bertujuan untuk mengetahui sejauh mana  ASN memenuhi kewajibannya berdasarkan tugas dan jabatan yang diemban sehingga dapat menjadi dasar perumusan dalam rangka pengembangan ASN secara organisasi.

Baca Juga: Arteria Dahlan, Jadi Simbol Kebangkitan Sunda dari Tidur Lama Sesuai Uga Wangsit Siliwangi

"Bagi masyarakat, pengukuran Indeks Profesionalitas ASN dapat digunakan sebagai instrumen kontrol sosial agar pegawai ASN selalu bertindak profesional terutama dalam kaitannya terhadap pelayanan publik yang diberikan," ucapnya.

Halaman:

Editor: Rauf Nuryama

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X