• Kamis, 19 Mei 2022

Arteria Dahlan, Jadi Simbol Kebangkitan Sunda dari Tidur Lama Sesuai Uga Wangsit Siliwangi

- Minggu, 23 Januari 2022 | 23:14 WIB
Tangkapan Layar: Sosok Arteria Dahlan , akankah jadi simbol kebangkitan sunda oleh urang sunda sebagaimana uga wangsit siliwangi (Instagram/SahabatArteriaDahlan)
Tangkapan Layar: Sosok Arteria Dahlan , akankah jadi simbol kebangkitan sunda oleh urang sunda sebagaimana uga wangsit siliwangi (Instagram/SahabatArteriaDahlan)

TiNewss.com - Urang Sunda Bangkit! Mungkin itu kata yang tepat ketika Arteria Dahlan menghina dan mengusik urang Sunda. Kebangkitan Sunda, dimulai dari sini. 

Seperti lirik lagu Doel Sumbang yang berjudul Urang Sunda, Gancang geura Hudang buka ceuli buka mata. Geura tembongkeun urang sunda oge bisa.

Urang sunda seperti tidur lama, tapi kebangkitannya sudah diprediksi sebagaimana uga wangsit siliwangi.

Baca Juga: Bitcoin dan Mata Uang Kripto Lainnya Terus Jatuh ke Level Terendah!

Dikutip dari Kilas Cimahi, dengan judul "Pelecehan Sunda oleh Arteria Dahlan, Sudah Diprediksi Ratusan Tahun Lalu dalam Wangsit Siliwangi", penistaan terhadap bahasa sunda telah membangkitkan rasa kesundaan mayarakat sunda yang sudah 'tertidur' lama.

Dalam uga Wangsit Siliwangi, disebutkan demikian:

"Sabab Pajajaran rundayannana jaradi ilang teh, bongan ngaleungitkeun ka-Sundaannana, jeung kara bisa dani (sadar) deui amun hirup geus kalangsu jeung engeuhna, engeuh soteh ku panggeuing deungeun".

Baca Juga: Kritis, 'Anak Ajaib' Korban Tanah Longsor Cisurat Wado, Sumedang, Camat Wado: Mohon Do'anya!

Artinya Sebab Pajajaran sejarah dan keluarganya hilang itu karena mengilangkan kesundanaanya , baru sadar lagi ketika hidup sudah susah ,tersesat dan susah mencari jalan keluar,sadarnya itu karena ada orang luar yang menyadarkan.

Halaman:

Editor: Rauf Nuryama

Sumber: Kilas Cimahi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah Resmi Larang Ekspor CPO dan Turunannya

Kamis, 28 April 2022 | 07:09 WIB
X