• Rabu, 29 Juni 2022

Kemenag Lakukan Pengawasan Haji dan Umroh di Masa Pandemi

- Jumat, 21 Januari 2022 | 22:44 WIB
 FGD Pengawasan dan Pengendalian Haji dan Umrah di masa pandemi (Foto kemenag.go.id)
FGD Pengawasan dan Pengendalian Haji dan Umrah di masa pandemi (Foto kemenag.go.id)

TiNewss.com - Inspektorat Jenderal Kementerian Agama (Itjen Kemenag) dipastikan melakukan pengawasan pada proses embarkasi dan debarkasi Jemaah haji dan umroh.

“Itjen Kemenag juga melakukan pengawasan internal pelaksanaan tugas dan fungsi Ditjen PHU dalam menyelenggarakan Ibadah Haji dan Umrah, baik di dalam negeri maupun di Arab Saudi,” kata Pelaksana Tugas Inspektur Jenderal (Plt. Irjen) Nizar Ali.

Ia mengatakan itu dalam  acara Focus Grup Discussion (FGD) Sistem Pengawasan dan Pengendalian Haji dan Umrah pada Masa Pandemi, di Jakartayang diikuti 29 peserta yang terdiri dari perwakilan dari Itjen Kemenag, Direktorat Bina Umrah dan Haji Khusus Kemenag, Kemeterian Luar Negeri, Kementerian Perhubungan, dan Kementerian Kesehatan.

Baca Juga: Ungkap Kecelakaan Balikpapan, Mabes Polri Turunkan Traffic Accident Analisis

Ia menambahkan, dalam pelaksanaan umrah di masa pandemi, Kemenag saat ini menerapkan kebijakan satu pintu (One Gate Policy/OGP) yang sangat membutuhkan perhatian dan pengawasan.

Kebijakan baru pemberangkatan jemaah umrah tersebut, katanya, dilaksanakan terpusat dan satu pintu (one gate system) melalui Bandara Soekarno Hatta Jakarta.

“Penerapan one gate system adalah bagian dari pengaturan yang diberlakukan pemerintah,”  jelas Nizar sebagaimana dikutip dari laman Kemenag RI.

Baca Juga: Ketika Tronton Berhenti, Korban Bergeletakan dan Kendaraan Rusak, Laka Maut Balikpapan!

Ia menambahkan,  dengan penerapan OGP terdapat serangkaian aktivitas yang harus dilakukan jemaah umrah sebelum, selama, serta saat kepulangan dari tanah suci.

Halaman:

Editor: Aam Permana S

Sumber: Kemenag RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jumlah Pengguna Twitter Di Indonesia Pada 2022

Selasa, 14 Juni 2022 | 14:00 WIB
X