• Selasa, 24 Mei 2022

Ibu Kota Baru Indonesia Bernama Nusantara, Cocok atau Membingungkan?

- Senin, 17 Januari 2022 | 15:56 WIB
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa  (tangkap layar YouTube)
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa (tangkap layar YouTube)

TiNewss.com - Ibu Kota baru Indonesia yang direncanakan di Kalimantan Timur akan dinamai Nusantara, kata Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa pada Senin 17 Januari 2022.

Nama Nusantara, artinya kepulauan dalam bahasa Indonesia. Nama Nusantara sudah diperintahkan dan dikonfirmasi oleh Presiden Joko Widodo.

"Saya baru saja menerima konfirmasi dan perintah langsung dari presiden, yaitu pada hari Jumat. Dia mengatakan ibukota baru adalah Nusantara," kata Monoarfa saat pertemuan dengan komite khusus untuk pembentukan Ibu Kota Baru.

Baca Juga: Haruna Soemitro Anggap Kecil Prestasi Shin Tae-yong, Tagar HarunaOut Ramai di Medsos

Dia menambahkan, alasan menggunakan nama itu, karena Nusantara telah dikenal sejak lama. “Dan itu ikonik internasional, sederhana dan menggambarkan kepulauan kita, Republik Indonesia. Saya percaya kita semua setuju dengan nama Nusantara, "katanya.

Namun ternyata, hingga saat ini beberapa pihak mengatakan bahwa nama Nusantara berpotensi membingungkan karena itu adalah kata yang digunakan untuk menggambarkan negara.

Ada beberapa yang menyarankan untuk merujuk pada Ibu Kota Baru sebagai administrasi khusus Nusantara untuk menghindari kebingungan.

Baca Juga: 'Proyek Maut Jalan Cadas Pangeran, Upahnya 4 Ringgit Perorang!' Narasi Baru Sejarah Sumedang

"Ini tidak sederhana. Jadi kita tidak bisa bermain-main dengan nama-namanya," kata Agustin Teras Narang, yang merupakan perwakilan dari Dewan Perwakilan Regional (DPD).

Halaman:

Editor: Aam Permana S

Sumber: Beberapa Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X