• Rabu, 19 Januari 2022

Ribuan Ikan Mati di Danau Maninjau Sumatera Barat, Hanya Karena Faktor Lingkungan?

- Jumat, 14 Januari 2022 | 10:00 WIB
Ribuan ikan mati di Danau Maninjau  Sumatera Barat (ilustrasi /pixabay.com)
Ribuan ikan mati di Danau Maninjau Sumatera Barat (ilustrasi /pixabay.com)

TiNewss.com -  Ribuan ikan mati massal dilaporkan mati dalam beberapa minggu terakhir di Danau Maninjau, Sumatera Barat. Kematian tersebut diduga karena faktor lingkungan dan manusia yang kurang berkontribusi untuk menyelamatkan ikan.

Informasi beredar menyebutkan, pada bulan Desember 2021 lalu, lebih dari 1.700 ton ikan ditemukan mati di danau yang terletak sekitar 115 km dari ibu kota provinsi Sumatera Barat, Padang tersebut.

Dalam sebuah keterangan, Handria Asmi, Camat Tanjung Raya tempat  danau yang indah itu berada mengatakan, cuaca ekstrem yang tidak terduga akibat perubahan iklim bisa menjadi salah satu penyebab kematian ikan massal.

Baca Juga: Sandiaga Uno Apresiasi Ghazali yang Dapat Cuan 13 Miliar dari Jual Foto Selfie!

Dijelaskan, jika cuaca ekstrim terjadi, biasanya dari November hingga Februari, wilayahnya selalu didesa angin kencang dan hujan deras yang terkadang menyebabkan tanah longsor dan kematian ikan.

Mengapa ikan bisa mati, karena jika angin mencapai danau, akan membalikkan massa air. “Ketika massa ari balik, air yang lebih padat naik ke atas,” jelasnya.

Namun, Asmi mengatakanberdasarkan penelitian terbaru yang dilakukan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), cuaca ekstrem mungkin bukan  satu-satunya penyebab matinya ribuan ikan tersebut.

Baca Juga: Info K-Pop, Suga BTS Berprestasi di Spotify Lewat Lagu Kolaborasi, Inilah Lagu-lagunya!

Penyebab lainnya adalah aktivitas manusia termasuk penangkapan ikan yang berlebihan dan pemberian makan yang berlebihan di danau yang menyebabkan pencemaran air.

Halaman:

Editor: Aam Permana S

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menag Minta Baznas Atasi Penanggulangan Kemiskinan

Selasa, 18 Januari 2022 | 07:56 WIB
X