• Rabu, 19 Januari 2022

Data Desa Itu Perlu untuk Pengentasan Kemiskinan, Ini Penjelasan Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar

- Kamis, 13 Januari 2022 | 16:15 WIB
Gus Halim menyebutkan bahwa data desa itu penting sekali untuk program pengentasan kemiskinan (Foto Kemendesa.go.id)
Gus Halim menyebutkan bahwa data desa itu penting sekali untuk program pengentasan kemiskinan (Foto Kemendesa.go.id)

TiNewss.com – Selama ini banyak yang tidak tahu soal pentingnya data desa untuk program pengentasan kemiskinan yang digemborkan pemerintah pusat. Data desa masih dianggap sebelah mata.

Padahal, menurut Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar,  data desa menjadi kunci penting dalam upaya percepatan pembangunan desa.

“Mengapa berbagai program pengentasan kemiskinan di level desa selalu tak tuntas? Ya, karena tidak didasarkan pada data valid di lapangan,” jelasnya.

Baca Juga: 'Squid Game' Meraih Empat Nominasi di SAG Awards

Karena itulah Gus Halim berusaha untuk mengakhiri semuanya, dengan menugaskan berbagai pihak di kementeriannya untuk mengumpulkan data desa.

Kini, akunya, data desa seluruh Indonesia itu hampir rampung.  “Data-data inilah yang akan menjadi dasar berbagai rencana aksi dalam mempercepat pembangunan desa demi kesejahteraan warga desa,” ujar Menteri Abdul Halim Iskandar .

Ia menyampaikan hal itu saat berdialog dengan kepala desa, perangkat desa, anggota Badan Peermusyawaratan Desa (BPD) dalam  kunjungan kerja di Desa Meteseh, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, baru-baru ini.

Baca Juga: Lihat Trailer Ikatan Cinta Terbaru, Netizen Sorot Kalimat ‘Jangan-jangan’ dari Al, Ini Kata Mereka!

Dijelaskannya, data desa yang saat ini dikumpulkan dari berbagai desa di pelosok nusantara itu akan memberikan cerminan fakta di lapangan.

Halaman:

Editor: Aam Permana S

Sumber: kemendesa.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menag Minta Baznas Atasi Penanggulangan Kemiskinan

Selasa, 18 Januari 2022 | 07:56 WIB
X