• Kamis, 19 Mei 2022

Heboh Boneka Arwah , Ini Tanggapan Zaenal Alimin dari MUI Sumedang

- Selasa, 11 Januari 2022 | 06:05 WIB
Ivan Gunawan memelihara boneka arwah, dirinya mengatakan bahwa boneka tersebut sebagai latihan mengurus anak.  (Instagram @eqqelputragunawan)
Ivan Gunawan memelihara boneka arwah, dirinya mengatakan bahwa boneka tersebut sebagai latihan mengurus anak. (Instagram @eqqelputragunawan)
 
 
 
TiNewss.com--Akhir-akhir ini heboh boneka arwah yang melanda sebagian orang. Ada artis Ivan Gunawan juga yang memelihara boneka arwah atau lebih dikenal dengan spirit doll. Beberapa kalangan memberikan tanggapan atas fenomena tersebut.
 
Zaenal Alimin, Ketua 3 Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sumedang juga memberikan tanggapan terkait boneka arwah atau spirit dol. 
 
Ketika dihubungi TiNewss.com, Zaenal Alimin  merasa kaget dengan kondisi  yang bagi pihak-pihak tertentu, seperti di kalangan artis, lagi ngetren tentang boneka arwah. Boneka arwah yang dalam pandangan mereka ada "arwah"nya. 
 
 
Menurut Zaenal, perlu difahami bahwa kata arwah itu berasal dari bahasa arab yang berarti ruh-ruh (banyak ruh). Kalau satu disebut ruh atau roh.  Berdasarkan Islam tidak mungkin manusia atau makhluk lain bisa memasukkan atau memindah- mindahkan ruh atau arwah dari yang satu kepada yang lainnya.
 
"Karena terkait dengan ruh itu hanya urusan Allah yang Maha Mengetahui (QS al Isra : 85). Kalaupun boneka itu bisa bergerak atau bersuara, kalau tidak karena teknologi, bisa saja dimasukin jin, bukan ruh atau roh," ujar Zaenal.
 
Ketua 3 MUI yang juga Mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang ini mengatakan karena unik dan anehnya boneka itu, sehingga banyak peminat terutama di kalangan artis yang dengan sengaja membelinya walaupun dengan harga yang fantastis hingga puluhan juta rupiah.
 
 
Zaenal Alimin merasa prihatin dengan adanya anggapan  yang menjadikan boneka itu dipercaya sebagai pembawa keberuntungan. 
 
"Nah, kondisi inilah yang menjadikan kita prihatin, karena tanpa disadari, akal dan mental manusia menjadi lemah, nafsu duniawinya bisa menjadi-jadi. Lupa atau abai terhadap aturan Allah (bagi muslim)," katanya.
 
Menurutnya, pernah terjadi pada zaman Nabi Musa a.s., ketika Nabi Musa sedang berkhalwat taqarrub kepada Allah selama 40 hari di bukit Thursina. Ada seorang bernama Samiri. Ia membuat patung sapi terbuat dari emas hingga bisa bersuara dan disebutkan inilah tuhan kita dan tuhan musa.
 
 
Banyak masyarakat yang mempercayai dan menyembah patung itu. Padahal patung itu, seperti halnya "boneka ini" tidak bisa komunikasi apapun, hanya bersuara saja. Maka Allahpun menurunkan adzab-Nya. 
 
Oleh karena itu,  kata Zaenal Alimin, memelihara apalagi mempercayai boneka yang disebut "boneka arwah atau spirit doll" adalah :
1. Menandakan rendahnya nilai akal, mental dan iman,
2. Bisa masuk katagori musyrik
3. Di sebuah rumah yang ada gambar atau patung, maka malaikat tidak akan masuk ke dalamnya
 
 
4. Membeli boneka yang demikian itu termasuk perilaku boros. Pemboros adalah saudara syaithon. 
 
"Na'dzu billaahi min dzaalik," kata Zaenal Alimin.?***
 

Editor: Asep D Darmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemerintah Resmi Larang Ekspor CPO dan Turunannya

Kamis, 28 April 2022 | 07:09 WIB
X