• Sabtu, 21 Mei 2022

Terkait Penghapusan BBM Pertalite, Kemen ESDM dan Pertamina Beda Pendapat

- Selasa, 28 Desember 2021 | 22:29 WIB
Wacana penghapusan BBM Premium dan Pertelite (dok, Otomotifnet.com - GridOto.com)
Wacana penghapusan BBM Premium dan Pertelite (dok, Otomotifnet.com - GridOto.com)

TiNewss.com--Belakangan tersebar berita Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan menghapus Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Premium.

Namun menurut  Direktur Utama PT Pertamina (Persero)  Nicke Widyawati menyatakan, saat ini tidak ada kebijakan menghapus bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite. 

"Tidak ada kebijakan hari ini yang untuk menghapuskan Pertalite, itu tidak ada," kata Nicke di Istana Wakil Presiden, Selasa (28/12/2021), dikutip dari keterangan video.

Baca Juga: Neng Farah Batal Hadir dalam Reses di Sumedang, Ini Penjelasan Ketua DPD PAN

Lebih lanjut Nicke mengatakan bahwa  yang dilakukan oleh Pertamina saat ini adalah mengedukasi masyarakat untuk menggunakan BBM dengan kadar oktan atau research octane number (RON) yang lebih tinggi.

Sebagai informasi,  Pertalite merupakan BBM dengan RON 90 sedangkan Premium adalah BBM dengan RON 88. Semakin tinggi RON, kian kecil karbon emisi yang dihasilkan.

Hal tersebut, kata Nicke,  sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 20 Tahun 2017 yang merekomendasikan agar BBM yang dijual di pasaran minimum RON 91.

Baca Juga: Miftachul Akhyar Rangkap Jabatan, MUI dan NU Berbeda Harapan! Ini Kata Anwar Abbas

Nicke juga menjelaskan, sejak pertengahan 2020 lalu Pertamina telah melalukan program Langit Biru untuk mendorong masyarakat agar beralih dari BBM Premium ke Petralite.

Halaman:

Editor: Asep D Darmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X