• Rabu, 28 September 2022

Sudah 8 Kasus Positif Omicron di Indonesia, Rumah Sakit Diminta Antisipasi Lonjakan Pasien Covid-19

- Jumat, 24 Desember 2021 | 06:21 WIB
Ilustrasi Covid-19 varian Omicron.  (Pixabay/Alexandra_Koch)
Ilustrasi Covid-19 varian Omicron. (Pixabay/Alexandra_Koch)

 

TiNewss.com--Sampai saat ini lonjakan kasus positif Covid-19 varian Omicron sudah ada 8 kasus. Namun demikian, Pemerintah meminta semua Rumah Sakit di setiap daerah untuk menyiapkan langkah antisipasi  manakala terjadi lonjakan kasus positif Covid-19 varian Omicron.

Sebenarnya kasus tersebut telah diskrining di pintu kedatangan dan juga telah diisolasi dan ditangani oleh tenaga kesehatan profesional. Tetapi jumlah kasus positif terus bertambah.

Oleh karena itu, Pemerintah mendorong rumah sakit di seluruh daerah agar menyiapkan langkah kontingensi menghadapi masuknya varian Omicron di Indonesia. Sehingga kapasitas rumah sakit dapat menampung pasien Covid-19 jika terjadi lonjakan.

Baca Juga: Spot Foto di Alun-Alun Sumedang Terhalang PJU, Aris: Perlu di Geser atau di Ganti

"Pemerintah mendorong rumah sakit di seluruh Indonesia untuk melakukan penyiapan langkah kontingensi. Yaitu melakukan konversi tempat tidur untuk layanan Covid-19 jika kapasitas keterisiannya sudah melebihi 60 persen kapasitas," kata Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito saat konferensi pers, dikutip TiNewss.com pada Jumat 24 Desember 2021.

Wiku memastikan, jika para pasien mendapatkan hasil negatif setelah menjalani masa karantina, maka penyintas Covid-19 tak lagi mampu menularkan virus tersebut ke orang lain.

“Meskipun demikian, kita masih harus terus waspada terutama mengingat data-data awal menunjukan kasus Omicron cenderung bergejala ringan atau bahkan tanpa gejala,” tambahnya.

Baca Juga: Ridwan Kamil Tiba-Tiba Sebut Anya Geraldin: 'Jauhi Orang Nyebelin, Insyafkan Anya Geraldine'

Karena itu, upaya testing, tracing, dan karantina menjadi kunci dalam melakukan skrining kasus dengan baik. Sehingga kasus yang ditemukan dapat segera ditangani dan tak meluas di masyarakat.

Halaman:

Editor: Asep D Darmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PTDH Ferdy Sambo, Bukti Jika Polri Tegas dan Berkomitmen

Jumat, 23 September 2022 | 07:44 WIB
X