• Rabu, 28 September 2022

Terkait Virus Omicron, Luhut B. Pandjaitan: Sejauh ini Virus Tersebut Bergejala Ringan hingga Sedang

- Sabtu, 18 Desember 2021 | 21:00 WIB
Luhut B. Pandjaitan (maritim.go.id)
Luhut B. Pandjaitan (maritim.go.id)

TiNewss.com--Ditemukannya virus Covid-19 varian Omicron di Aprika Selatan pada akhir November telah membuat dunia harus waspada lagi, padahal baru saja berjuang bersama-sama menghadapi virus Covid-19 varian Delta. 

Kemunculan varian Omicron yang merupakan mutasi Covid-19, sejauh ini virus varian tersebut bergejala ringan hingga sedang.

Demikian disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) yang juga sekaligus Koordinator PPKM Wilayah Jawa-Bali Luhut B. Pandjaitan seperti dikutip TiNewss.com dari laman maritim.go.id pada 18 Desember 2021.

Baca Juga: Berita Duka: Mantan Ketua BPK Harry Azhar Azis Tutup Usia

"Virus Covid-19 varian Omicron,  sejauh ini virus tersebut bergejala ringan hingga sedang," ujar Luhut B. Pandjaitan.

Menurut Menko Marvest, kini ada ketakutan baru berupa varian Omicron yang pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan pada akhir November lalu.

"Varian tersebut membuat setiap negara di dunia termasuk Indonesia waspada. Menurut perkiraan awal, Omicron berpotensi lebih menular dan memiliki karakteristik kekebalan lolos dari vaksinasi. Di sisi lain, sejauh ini, gejalanya ringan hingga sedang,” kata Menko Luhut saat menghadiri Indonesia’s Rebound: Economic Outlook 2022 secara virtual, Kamis (16-12-2021).

Baca Juga: Viral: Lautan Sampah di Waduk Jatigede, Jawa Barat

Menko Luhut memaparkan, perkembangan varian Omicron akan menjadi kunci pemulihan ekonomi pada 2022. Sebab, jika virus ini mengakibatkan rawat inap yang signifikan dan vaksin kehilangan potensinya, pemulihannya akan lebih lambat dari yang diharapkan.

Halaman:

Editor: Asep D Darmawan

Sumber: maritim.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PTDH Ferdy Sambo, Bukti Jika Polri Tegas dan Berkomitmen

Jumat, 23 September 2022 | 07:44 WIB
X